Perwakilan dari Setiap Kampung Akan Di Latih Menjadi Pelatih

share on:
Basket adalah salah satu cabang olah raga yang sangat diminati di Kabupaten Jayapura - Jubi / Engel Wally
Basket adalah salah satu cabang olah raga yang sangat diminati di Kabupaten Jayapura – Jubi / Engel Wally

Jubi – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura, Alpius Demena  mengatakan, selain turnamen dan kejuaraan sepak bola yang dilaksanakan, juga akan direkrut tiga sampai lima orang dari setiap Kampung di wilayah kabupaten ini untuk di latih menjadi pelatih. Hal ini dilakukan untuk memajukan olahraga ditengah masyarakat, secara khusus di kampung-kampung.

“Potensi atlit yang berbakat sebenarnya ada di setiap kampung. Hanya saja fasilitas pendukung kurang di kampung tersebut. Untuk mendukung hal tersebut, kita mulai dengan melatih beberapa perwakilan dari setiap kampung yang nantinya akan kembali kekampungnya untuk membina dan melatih olahraga di kampung masing-masing,” ujar Alpius Demena di Sentani, Jumat (26/2/2016).

Ia mengatakan, pelatihan yang akan dilaksankan oleh pihaknya ini untuk semua cabang olahraga. Dalam pelaksanaanya, Dispora akan menggandeng sejumlah instruktur olahraga dan juga para pakar kesehatan di bidang olahraga yang ada di Pusat dan Provinsi Papua.

“Dalam pelatihan nantinya para peserta ini tidak hanya dididik menjadi pelatih salah satu cabang olah raga saja, tetapi juga dari sisi kesehatan, secara khusus asupan gizi yang harus diberikan kepada atlitnya,” jelasnya.

Sementara ditempat berbeda, Agus Sokoy salah satu mantan pemain persidafon Jayapura mengaku, kegitan pelatihan seperti ini jarang dilakukan. Padahal sumber daya manusianya sangat mendukung.
“Kabupaten Jayapura ini gudang atlit, pelatihan seperti ini harusnya dilakukan jauh-jauh hari. Dengan demikian cabang-cabang olahraga yang ada di wilayah ini akan terus berkembang, apa lagi dengan adanya turnamen dan kejuaraan yang rutin dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pihak lain,” ungkapnya. (Engel Wally)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Perwakilan dari Setiap Kampung Akan Di Latih Menjadi Pelatih