Biro Kesra : SPJ Lembaga Keagamaan Sudah Rampung

share on:
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Papua, Naftali Yogi - Jubi/Alex
Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Papua, Naftali Yogi – Jubi/Alexf

Jayapura, Jubi – Kepala Biro Kesejahteraaan Rakyat dan Kemasyarakatan (Biro Kesra) Provinsi Papua, Naftali Yogi, mengatakan surat pertanggungjawaban (SPJ) penggunaan dana hibah 2015 dari seluruh lembaga keagamaan sudah diserahkan semuanya.

“Untuk pertanggungjawaban tahun lalu sudah selesai. Tahun ini sudah bagus sehingga harapannya 2016 bisa lebih tepat waktu dalam menyampaikan laporan,” kata Naftali Yogi, di Jayapura, Minggu (28/2/2016).

Agar lebih tertib, ujar Naftali, untuk tahun ini aturan pencairan dana hibah keagamaan semakin diperketat. Dimana dari dua tahap pencairan. Lembaga keagamaan diharuskan menyampaikan bukti fisik lapangan kegiatan tahap pertama baru kemudian tahap berikutnya bisa dicairkan.

“Tak ada laporan pertanggungjawaban, dana tahap dua tak bakal cair,” ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, minta Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Papua agar melakukan evaluasi terhadap lembaga keagamaan yang menerima dana hibah dari pemerintah provinsi.

“Saya minta Karo Kesra yang mengelola dana untuk memperhatikan bantuan yang diberikan kepada lembaga keagamaan karena semakin hari, lembaga keagamaan semakin banyak,” kata Enembe.

Menurutnya, alokasi dana yang diberikan kepada lembaga keagamaan di Papua mencapai Rp 21,5 milliar yang berasal dari alokasi dana Otonomi Khusus sebesar 10 persen.

“Saya harap ke depan untuk pemberian bantuan ini kita harus evaluasi mengingat banyak muncul sinode dan saya selalu bilang lebih baik kita kembali ke tujuh gereja yang sudah sejak lama ada di Papua, atau jangan-jangan tahun depan bertambah meningkat menjadi 100 lembaga keagamaan di Papua,” ucapnya.  (Alexander Loen)

 

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Biro Kesra : SPJ Lembaga Keagamaan Sudah Rampung