Harga Cabai Rawit Melambung hingga Rp 40 Ribu

share on:
Harga cabai rawit di Pasar Youtefa Kota Jayapaura, melambung hingga mencapai Rp 40 ribu, dari harga normal Rp 15 ribu - skanaa.com
Harga cabai rawit di Pasar Youtefa Kota Jayapaura, melambung hingga mencapai Rp 40 ribu, dari harga normal Rp 15 ribu – skanaa.com

Jayapura, Jubi – Harga cabai rawit melambung sampai dua kali lipat dari harga biasanya. Jika sebelumnya harga berkisar Rp 20 ribu per kilogram, kini mencapai Rp 40 ribu. Kenaikan ini karena kurangnya hujan dan petani tidak memanen cabai saat harga murah.

Abdullah (40), pedagang cabai di Pasar Youtefa Kota Jayapura, mengatakan, harga cabai rawit sebelumnya berkisar sekitar Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu per Kklogram. Sekarang menjual Rp 25 ribu per kilogram dan eceran per kilogram dipatok Rp 30 ribu.

“Ada kenaikan sedikit, karena kemarin murah orang tidak petik (cabai rawit). Sekarang sudah naik lagi baru orang petik,” kata Abdullah, kepad Jubi, Sabtu (27/2/2016).

Selain cabai rawit, tomat juga mengalami kenaikan harga. Sebelumnya dijual Rp 5 ribu per kilogram, sekarang berkisar Rp 10 ribu.

Harga cabai Padang dan cabai hijau stabil di kisaran Rp 45-50 ribu per Kklogram.

“Pasar sepi, mungkin karena mas-mas penjual sayur keliling sudah diantar masing-masing ke rumahnya jadi orang tidak ke pasar,” kata Abdullah.

Tak jauh dari los kios Abdullah, pedagang cabai lainnya, Aulia (28), mengatakan sekarang dirinya menjual cabai rawit Rp 40 ribu per kilogram. Sebelumnya harga hanya Rp 20 ribu.

Selain cabai, Aulia jug menjual tomat Rp 10 ribu per kilogram dan wortel dipatok harganya Rp 25 ribu per kilogram. Semua komoditas ini didatangkan dari Arso, Kabupaten Keerom , yang jaraknya sekitar 60 Km dari Kota Jayapura.

Menurut Aulia, pembelinya tidak ada yang keberatan. Paling hanya bertanya kenapa harga cabai rawit naik lagi. Semua pembelinya merupakan pelanggan tetap.

“Lebih baik harga naik tapi lancar kayak sekarang, daripada harga murah tapi sepi,” katanya.

Pedagang cabai lainnya, Sri (40), mengatakan, harga cabai saat ini sudah cukup stabil. Baru-baru ini harga babai rawit sempat mencapai harga Rp 60 ribu per kilogram. Sekarang sudah turun sampai Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram.

“Itu sudah stabil harganya,” kata Sri dengan yakin.  (Enrico Karubuy)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Harga Cabai Rawit Melambung hingga Rp 40 Ribu