Kota Jayapura Jadi Role Model BPPTSP di Indonesia

share on:
Menpan Azwar Abubakar saat melihat dari dekat pelayanan BPPTSP Kota Jayapura (Jubi/Sindung)
Menpan Azwar Abubakar saat melihat dari dekat pelayanan BPPTSP Kota Jayapura (Jubi/Sindung)

Jayapura, Jubi – Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu (BPPTS) Kota Jayapura masuk urutan keempat pelayanan terbaik.

Maka dari itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) menilainya sebagai salah satu role model di Indonesia.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D. Siahaya mengatakan ada tiga instansi di pemkot yang mengikuti evaluasi di Bali, seperti BPPTSP, Badan Orgasasi dan Tata Laksana (Ortal) serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Dari 57 BPPTSP se-Indonesia yang dievaluasi, ternyata untuk BPPTSP Kota Jayapura ditunjuk sebagai BPPTPS rol model bagi Papua di Bali itu,” kata Sekda di Kantor Wali Kota, Rabu, siang, 2 Maret 2016.

Menurut Siahaya, Disdukcapil sebenarnya masuk sebagai dinas pelayanan terbaik, tetapi tidak menyertakan survei kepuasan masyarakat pada pelayanan pembuatan akte lahir gratis yang bekerja sama dengan rumah sakit di Jayapura.

Kepala BPPTSP Kota Jayapura, Yohanis Wemben melalui telepon selulernya kepada Jubi mengatakan, pihaknya akan membenahi pelayanan agar tidak menyulitkan masyarakat.

“Ada juga aturan – aturan yang akan kita siapkan lagi, seperti Standar Pelayanan (SP), Standar Pelayanan Perijinan ((SPP) ini semua yang akan kita benahi supaya pelayanan kita lebih optimal kepada masyarakat sesuai standar yang akan kita tetapkan,” katanya.

Beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi KemenPAN-RB sebut Wemben misalnya, pelayanan berbasis IT, memiliki Website, Kios informasi, SMS Center, serta selalu melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

“Secara nasional kita menyisihkan 57. Jadi, bukan saja Papua. Kita dari sisi indikator pelayanan publik sudah terpenuhi semua,” ujarnya. (Sindung Sukoco)

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kota Jayapura Jadi Role Model BPPTSP di Indonesia