Pemprov Papua Minta Pemanfaatan Gaharu Berkontribusi PAD

share on:
Seorang warga sedang menebang kayu gaharu - Dok Jubi
Seorang warga sedang menebang kayu gaharu – Dok Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kehutanan dan Konservasi Alam minta pemanfaatan kayu gaharu dapat memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) penghasil sumber daya alam tersebut.

Kepala Dinas Kehutanan dan Konservasi Alam Provinsi Papua, Yan Yap Ormuseray, di Jayapura, Kamis (3/3/2016), mengatakan untuk itu pihaknya mendorong pemerintah pusat melalui revisi UU no 5 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

“Hal ini agar kami mendapat bagian dalam penerimaan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) terkait pemanfaatan potensi gaharu,” katanya.

Yan menjelaskan melalui perubahan regulasi ini, setiap pemanfaatan kayu gaharu mesti memberi sumbangsih iuran bagi daerah penghasil, baik di provinsi maupun kabupaten.

“Termasuk memperhatikan kepentingan masyarakat adat di dalamnya dan hal ini sangat penting untuk dilaksanakan,” katanya.

Senada dengan Yan, Koordinator USAID LESTARI Papua, Benja Victor Mambai, mengatakan pihaknya menyambut positif segala usulan yang disampaikan instansi pemerintahan provinsi kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Pasalnya, usulan ini berpotensi memberi kontribusi bagi pendapatan asli daerah (PAD) bila usulannya diakomodir serta diundang-undangkan,” katanya.

Dia menambahkan kekayaan ini menarik sekali lagi jika bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, diyakini bisa memberikan dukungan terhadap pendapatan daerah dan upaya pelestarian di Tanah Papua. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Papua Minta Pemanfaatan Gaharu Berkontribusi PAD