Samoa Miliki Wakil Perdana Menteri Perempuan Pertama

share on:
Fiame Naomi Mataafa, kedua dari kanan - RNZI/Autagavaia Tipi Autagavaia
Fiame Naomi Mataafa, kedua dari kanan – RNZI/Autagavaia Tipi Autagavaia

Jayapura, Jubi – Fiame Mataafa Naomi, putri Perdana Menteri pertama Samoa, telah mengambil posisi kosong yang ditinggalkan wakil perdana menteri baru negara itu.

Ini Posisi Eksekutif tertinggi dari seorang wanita yang pernah dicapai dalam sejarah pemerintah Samoa.

Penunjukan terhadap Fiame Mataafa Naomi dilakukan pada rapat Human Rights Protection Party (HRPP) setelah para pemilih pergi ke TPS dan memberikan kemenangan terbesar dalam sejarah 30 tahun Samoa kepada partai yang dipimpin Perdana Menteri berkuasa, Tuilaepa Sailele Malielegaoi

Dilaporkan oleh Samoa Observer, Sabtu (05/3/2016), Partai HRPP memenangkan 44 dari 49 kursi yang diperebutkan, sementara partai oposisi Tuatua Samoa hanya memenangkan tiga kursi dan calon independen mendapatkan dua kursi.

Fiame Naomi Mataafa sebelumnya menjabat menteri Kehakiman setelah sebelumnya menjabat menteri pemuda, perempuan dan Urusan Pedesaan, dan menteri pendidikan.

Dia menempuh pendidikan di Selandia Baru. Saat ia berusia 18 tahun ayahnya, Mataafa Fiame II, meninggal. Mendiang ibunya, Laulu Fetauimalemau Mataafa, juga pernah menjabat anggota parlemen.

Dia akan menggantikan Fonotoe Lauofo Pierre Meredith sebagai wakil perdana menteri.

Dia Apakah salah satu dari empat perempuan di parlemen yang terpilih dalam pemilihan Jumat pekan lalu. Semua perempuan ini berasal dari partai HRPP. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Samoa Miliki Wakil Perdana Menteri Perempuan Pertama