Kapal Perintis Nabire – Teluk Wondama Tabrak Batu Karang

share on:
Ilustrasi - IST
Ilustrasi – IST

Manokwari, Jubi – Sebuah kapal perintis dari arah Nabire, Papua, menuju Teluk Wondama, Papua Barat, mengalami kecelakaan di wilayah perairan Teluk Ayomi, Kabupaten Teluk Wondama, Minggu (6/3/2016).

KM Napan Wainami itu dikabarkan menabrak batu karang, lalu terseret arus ombak hingga akhirnya terdampar di tepi pantai Kampung Yopanggar, Distrik Teluk Duairi.

Mualim I KM Napan, Semuel Isak Mayor di Teluk Wondama, Minggu mengatakan, seluruh penumpang selamat. Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 12.57 Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT).

“Penumpang di kapal itu terdiri dari 31 orang dewasa dan 8 anak-anak, serta anak buah kapal. Puji Tuhan seluruhnya selamat,” kata dia.

Dia menuturkan, saat kapal tersebut menabrak karang di lokasi kejadian, pihaknya berupaya untuk keluar dari kawasan perairan yang dekat dengan tebing batu itu. Upayanya gagal lantaran ombak terus menghantam kapal tersebut hingga kapal bergeser dari lokasinya semula. Saat kapal berada di jarak dua meter dari tebing di lokasi itu, nahkoda memerintahkan agar seluruh penumpang dievakuasi.

Dia menduga peristiwa itu terjadi akibat kelalaian sebab saat itu posisi kapal berada jauh dari jalur biasanya. Menyusul peristiwa itu,

Minggu siang tim gabungan Polairud Polres Wondama, KPLP dan Dinas Perhubungan bergegas, menuju pantai Yopanggar, guna membantu proses evakuasi kapal maupun penumpang.

Satu unit kapal tanker diturunkan untuk mengangkut penumpang.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Teluk Wondama, Kompol Vincen Emanuel menuturkan, pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kecelakaan tersebut.

“Fokus kita saat ini adalah menyelamatkan para penumpang dulu. Mengenai penyebab kecelakan, kita belum tahu pasti, sekarang penumpang sudah siapkan dipulangkan ke Wasior,” kata dia. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kapal Perintis Nabire – Teluk Wondama Tabrak Batu Karang