PIN Polio, Dinkes Banjarmasin Akan Sweeping Balita

share on:
Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 akan dimulai 8 Maret - inforiau.co
Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 akan dimulai 8 Maret – inforiau.co

Banjarmasin, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Diah R Praswati, menyatakan pihaknya akan melakukan sweeping terhadap balita yang tidak diikutkan program pekan imunisasi nasional polio 2016, 8-15 Maret.

“Kalau dalam tiga hari program pekan imunisasi nasional polio ini berjalan dan ada balita yang belum dapat imunisasi, kami akan sweeping ke rumah-rumah mereka,” katanya, di Balaikota Banjarmasin, Senin (7/3/2016).

Diungkapkan Diah, data riil balita yang berumur 0-59 bulan di instansinya berjumlah 41 ribu lebih, di mana nama dan alamatnya tercatat, hingga ditargetkan semuanya mendapat imunisasi tersebut.

“Kalau data Badan Statistik Nasional (BPS) memang lebih 60 ribu, tapi kita targetkan yang tercatat diinstansi kita saja dulu beres,” katanya.

Dia menyatakan target pihaknya semua balita di daerah ini dapat terimunisasi, hingga harapannya semua orangtua bekerjasama membawa buah hatinya tersebut ke tempat-tempat kesehatan.

“Ini diberikan gratis, jadi harapannya semua bisa datang secara suka rela ke pos-pos dilaksanakannya imunisasi polio di lingkungan terdekat, demi suksesnya program ini,” katanya.

Diah menyatakan Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 di daerahnya akan diresmikan pada 8 Maret di Siring Sungai Martapura.

“Pekan imunisasi polio di daerah kita akan diluncurkan langsung Gubernur Kalsel bersama Wali Kota Banjarmasin,” kata Diah.

Ada empat balita nantinya sebagai simbolis mendapat tetes imunisasi polio dari para pejabat daerah itu nantinya tanda dimulainya pelaksanaan imunisasi polio di masing-masing puskesmas dan posyandu. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PIN Polio, Dinkes Banjarmasin Akan Sweeping Balita