NASA Berencana Perbaiki Pesawat Antariksa Mars untuk Peluncuran 2018

share on:
Pelatihan ruang angkasa milik NASA - IST
Pelatihan ruang angkasa milik NASA – IST

Amerika Serikat, Jubi – Badan antariksa AS NASA berencana memperbaiki pesawat antariksa Mars, yang “dikandangkan” pada Desember karena kebocoran perangkat utama ilmu pengetahuan, memulihkan pekerjaan untuk peluncuran pada 2018, kata badan itu, Rabu (9/3/2016).

Pesawat ruang angkasa itu, satelit dikenal dengan Insight, dirancang untuk mempelajari bagian mendalam Mars, yang akan membantu ilmuwan mencari tahu bagaimana planet, dan planet lain berbatu, seperti, Bumi, terbentuk dan berevolusi.

Badan antariksa itu mengatakan meninjau jumlah biaya perbaikan, tapi ilmuwan pemimpin proyek itu pada pekan lalu memperkirakan biaya bertambah sekitar 150 juta dolar AS di atas 675 juta dolar AS, yang sudah disiapkan.

Insight melewatkan kesempatan peluncuran pada Maret setelah ilmuwan pada Desember menemukan kebocoran menjengkelkan dalam perangkat utama ilmu pengetahuannya.

Kemunduran itu menimbulkan pertanyaan tentang apakah NASA akan membatalkan misi. Namun, manajer lembaga mengatakan pada Rabu tujuan ilmu pengetahuan mendesak dan rencana perbaikan kebocoran disuarakan.

Lain kali Bumi dan Mars akan benar selaras bagi Insight untuk melakukan peluncuran pada Mei 2018. Pesawat ruang angkasa akan tiba di Mars pada November 2018 untuk memulai sebuah misi dua tahun.

Instrumen utama itu adalah seismometer dengan sensor yang perlu ditangguhkan mendekati keadaan hampa udara sehingga mereka dapat membuat ukuran sekecil diameter atom hidrogen.

Ruang bulat berukuran sembilan inci (22 sentimeter) yang menahan sensor mengalami kebocoran kecil, begitu kecil bahkan jika ban mobil bocor bagaimanapun itu bisa pergi tiga abad tanpa perlu udara tambahan, kata ilmuwan proyek Bruce Banerdt dari Laboratorium Jet Propulsion milik NASA di Pasadena, Kalifornia selama presentasi pada 2 Maret kepada Kelompok Analisis Program Penjelajahan Mars.

Tapi, jika tingkat kebocoran terlalu tinggi untuk seismometer dapat bekerja dengan baik, maka NASA membawa kembali misi untuk diperiksa.

Pembuat pesawat ruang angkasa Lockheed Martin mengatakan Insight akan disimpan di sarana di dekat Denver, sementara seismometernya diperbaiki. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  NASA Berencana Perbaiki Pesawat Antariksa Mars untuk Peluncuran 2018