Dalam Waktu Dekat MH dan EW akan Dipanggil Terkait Peresmian Kantor ULMWP

share on:
Pemasangan papan nama kantor ULMWP di Wamena, Jayawijaya oleh salah satu deklarator ULMWP, Edison Waromi – Jubi/Victor Mambor
Pemasangan papan nama kantor ULMWP di Wamena, Jayawijaya oleh salah satu deklarator ULMWP, Edison Waromi – Jubi/Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, hingga kini penyidik sudah meminta keterangan terhadap lima saksi terkait pembukaan kantor United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) di Wamena.

“Satu dari lima saksi yang dimintai keterangan itu adalah Pater JJ,” kata Kapolda di Jayapura, Kamis (10/3/2015).

ULMWP merupakan wadah yang berupaya memisahkan Papua dari NKRI, sehingga polisi akan terus menyidik kasus tersebut yang diawali dengan mengumpulkan bukti serta memeriksa para saksi yang hadir saat itu, kata Kapolda.

Ia mengatakan, dari keterangan Pater JJ terungkap yang bersangkutan memang hadir untuk memenuhi undangan panitia peresmian kantor Dewan Adat Papua (DAP) Wamena.

Bahkan Pater JJ yang memimpin doa pemberkatan sekaligus peresmian kantor DAP yang dilaksanakan 16 Februari lalu.

Menurutnya, selain Pater JJ keempat saksi lainnya yang sudah memenuhi panggilan penyidik adalah FW,ES, BM, dan OH.

Polisi sendiri hingga kini belum menetapkan tersangka karena penyidik masih mengumpulkan barang bukti dan keterangan saksi.

Ketika ditanya apakah koordinator peresmian ULMWP yakni MH dan EW sudah dimintai keterangan, Kapolda Papua menegaskan bahwa keduanya memang belum dimintai keterangan.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat MH dan EW akan dipanggil.

Namun, ia belum bisa memastikan waktu pemanggilan tersebut karena itu wewenang penyidik.

“Kita tunggu saja perkembangan penyidikan yang dilakukan Polres Jayawijaya yang dibantu Ditkrimum Polda Papua,” kata Kapolda.

Sementara itu Pater John Djonga secara terpisah mengakui sudah memenuhi panggilan penyidik di Polres Jayawijaya di Wamena, akhir Februari lalu.

“Memang betul saya sudah memberikan keterangan terkait kehadiran saya saat peresmian kantor dewan adat di Wamena,” katanya ketika dihubungi.

Namun, tentang peresmian kantor ULMWP, awalnya ia tidak tahu, karena di dalam undangan tidak disebutkan adanya peresmian kantor tersebut.

“Saya hadir sekaligus pimpin doa pemberkatan kantor dewan adat, namun seusai acara kemudian ada kegiatan tambahan yakni peresmian kantor ULMWP yang ditandai dengan pemasangan papan nama,” kata Pater John Djonga. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dalam Waktu Dekat MH dan EW akan Dipanggil Terkait Peresmian Kantor ULMWP