Di Pantai Hamadi Akan Ada Wisata Sepeda Air

share on:
Tempat wisata Pantai Hamadi - triptrus.com
Tempat wisata Pantai Hamadi – triptrus.com

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jayapura, Bernard Fingkreuw mengatakan, pemerintah kota akan mengembangkan wisata bahari berbentuk permainan-permainan wisata air di pantai Hamadi. Wisata air ini sudah dapat dinikmati masyarakat Jayapura dalam waktu dekat.

“Sekitar dua minggu lagi sudah ada sepeda air dan perahu kano,” ujarnya kepada wartawan di Jayapura, Jumat (11/3/2016).

Untuk saat ini, jelasnya, sudah ada 10 sepeda air dan 3 perahu kano. Semuanya akan diserahkan kepada masyarakat sekitar pantai Hamadi untuk disewakan bagi wisatawan.

Untuk harga sewanya, belum ditentukan oleh pemerintah. Namun, Bernard memperkirakan sekitar Rp 20 ribu sekali sewa. Perkiraan harga ini belum pasti karena masih dipertimbangkan lagi agar tidak memberatkan masyarakat.

Untuk peralatannya, sepeda air sudah ada 10 buah sedangkan perahu kano sudah ada 3 buah. Semua barang ini masih disimpan dan nanti akan dibagikan kepada masyarakat untuk disewakan.

Ia berharap, nantinya masyarakat akan mengembangkan usaha penyewaan sepeda air dan perahu kano ini. Ke depan, jika usaha penyewaan ini maju masyarakat diharap membeli lagi sepeda air dan perahu kano untuk penyewaan milik mereka.

Selain sepeda air, Bernard mengatakan, rencananya pemerintah akan membangun waterboom. Ada interaksi antara permainan yang satu dengan permainan yang lain, yang lebih mengarah ke wisata bahari.

“Wisata bahari, tapi pinggiran pantainya. Penyelaman belum, nanti ke depan,” katanya.

Pengembangan wisata bahari ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke kota Jayapura. Pemerintah sedang membangun 5 buah shelter untuk berteduh bagi wisatawan.

“Sudah tidak bisa lagi pemberdayaan-pemberdayaan, jadi kita sekarang langsung ke actionnya saja,” ujarnya.

Jefry (46), warga kota Jayapura yang suka traveling mengaku senang adanya rencana sepeda air di pantai Hamadi. Perahu Kano dan Sepeda air bisa menambah wisatawan lokal untuk datang mengunjungi pantai Hamadi.

“Ke depan, kalau bisa fasilitas yang ada di pantai Hamadi seperti tempat parkir itu harus ada. Kenyamanan untuk wisatawan juga harus diperhatikan,” kata Jefry. (Enrico Karubuy)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Pantai Hamadi Akan Ada Wisata Sepeda Air