Pemkab Jayawijaya Serahkan Dana Awal Pembukaan Lokasi FBLB 2016

share on:
Festival Budaya Lembah Baliem tahun 2015 yang diselenggarakan di Wosi – Jubi/Islami
Festival Budaya Lembah Baliem tahun 2015 yang diselenggarakan di Wosi – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menyerahkan dana awal kepada pemilik ulayat lokasi penyelenggaraan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) tahun 2016 di Distrik Welesi.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Alpius Wetipo, dana sebesar Rp 200 juta diserahkan pemerintah daerah kepada masyarakat adat Distrik Welesi sebagai tanda masuk dan pengucapan syukur atas lokasi rencana pergelaran FBLB 2016.

“Untuk masalah pelunasan tanah memang belum, karena masyarakat minta agar lokasi tersebut tidak bayar karena itu tanah adat, tetapi tanggal 15 Februari 2016 kami sudah serahkan dana 200 juta rupiah sebagai tanda permisi karena itu lokasi baru dan itu untuk acara adat,” katanya di Wamena, Sabtu (12/3/2016).

Setelah dilakukan koordinasi dengan pemilik ulayat FBLB 2016 digelar di wilayah Distrik Welesi, Kabupaten Jayawijaya.

“Pada Prinsipnya masyarakat sangat setuju dan kesepakatan itu disampaikan di hadapan Bapak Sekda Jayawijaya. Masyarakat minta harus ada kerja sama yang baik antara masyarakat dan pemerintah,” katanya.

Sekretaris Daerah Jayawijaya, Yohanes Walilo mengungkapkan, meski pelaksanaan FBLB tahun 2016 diselenggarakan pada Agustus menggunakan event organizer (EO), tetapi SDM yang disiapkan merupakan masyarakat lokal.

“Tahun ini kita ingin berbeda dari tahun sebelumnya jadi kita gunakan EO agar lebih meriah, tetapi pelaksana di lapangan adalah masyarakat lokal yang diawasi pemerintah daerah,” kata Sekda. (Islami)

 

 

 

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Jayawijaya Serahkan Dana Awal Pembukaan Lokasi FBLB 2016