Jayawijaya Miliki Luas Lahan Buah Merah Terbesar

share on:
Buah merah yang dilelang saat HUT GIDI pada bulan Februari lalu di Wamena - Jubi/Victor Mambor
Buah merah yang dilelang saat HUT GIDI pada bulan Februari lalu di Wamena – Jubi/Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Kabupaten Jayawijaya miliki luas lahan buah merah terbesar di Papua, ykani 229,9 hektar. Diikuti Mamberamo Tengah 128,9 hektar dan Tolikara mencapai 67,6 hektar. Dengan demikian Wilayah La Pago berjumlah 229,9 hektar.

“Ini berdasarkan citra satelit, dimana luas lahan buah paling besar ada di Jayawijaya,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, di Jayapura belum lama ini.

Menurut ia, khusus untuk buah merah, pemerintah telah menyiapkan bibit sebanyak 1000 pohon. Dimana penyiapan bibit sebanyak itu untuk wujudkan buah merah sebagai produk primadona Bumi Cenderawasih.

Sementara untuk pengembangan, Dinas Tanaman Pangan tahun ini bakal fokus mengembangkan buah merah di 14 kabupaten sebagai sentra pengembangan.

“Dari 14 kabupaten tersebut terdapat Kabupaten Tolikara, Mamberamo Tengah, Yahukimo, Yalimo dan Puncak Jaya yang secara wilayah adat masuk kawasan La Pago,” ucapnya.

Siriwa mengatakan, untuk pengembangan buah merah di wilayah La Pago dimuali dari penyiapan benih di tingkat penangkar, pengembangan sampai home industry minyak buah merah.

“Ini semua untuk memenuhi kebutuhan minyak buah merah di Kota Jayapura, Sentani dan sekitarnya,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Papua, Elia Loupatty mengatakan Gubernur sudah mencanangkan buah merah sebagai komoditas unggulan strategis, berkelanjutan bagi Bumi Cenderawasih.

“Dinas-dinas terkait harus menjawab tantangan ini, karena gubernur inginkan diimplementasikan secara baik,” kata Loupatty. (Alexander Loen)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jayawijaya Miliki Luas Lahan Buah Merah Terbesar