Masih Ada Aktivitas Penjualan Miras di Jayapura

share on:
Ilustrasi miras. Miras diindikasi sebagai salah satu penyebab tingginya angka kriminalitas di Kota Jayapura - Jubi/Ist
Ilustrasi miras. Miras diindikasi sebagai salah satu penyebab tingginya angka kriminalitas di Kota Jayapura – Jubi/Ist

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura pada akhir tahun 2013 memutuskan untuk tidak memperpanjang surat izin penjualan minuman keras (miras) di Sentani. Namun hingga kini penjualan miras masih dilakukan.

Tokoh masyarakat Jayapura, Yohannes Eluay mengatakan perlu adanya kajian khusus untuk menerapkan perda miras.

“Perda tersebut harus dikirim kepada menteri dalam negeri untuk dipelajari lebih dalam lagi. Kalau ada yang perlu direvisi maka harus direvisi. Setelah selesai menjadi sebuah perda maka pemerintah daerah melalui bupati harus menerbitkan peraturan bupati (perbup),” katanya kepada Jubi di Sentani, Senin (14/3/2016).

Menurut mantan Ketua DPRP Kabupaten Jayapura itu, di dalam perbup dijelaskan tentang penerapan penjualan miras di daerah ini.

“Dalam sidang pembahasan perda miras waktu itu, suara terbanyak mengatakan penjualan miras diatur, bukan ditutup. Yang dimaksud diatur adalah, penjualan miras tidak diperbolehkan dijual pada kios dan toko, tetapi pada tempatnya seperti hotel berbintang. Hal ini sudah disepakati, lalu perda tersebut kita serahkan kepada pihak eksekutif,” katanya.

Setelah diserahkan, lanjutnya bahwa penerapan perda tersebut harus dilaksanakan melalui perbup.

“Penerapan perda tersebut tidak maksimal karena tidak ada perbup yang mengawalnya. Harusnya hal ini dilakukan oleh pemerintah daerah. Karena melalui perbup akan mengatur siap yang berwenang mengeluarkan izin penjualannya, dijual dimana, jumlah penjualan di setiap tempat harus ditentukan,” katanya.

Ketua BPC Gapensi Jayapura, Obaja Ondy dari sisi bisnis penjualan miras memang menguntungkan. Namun miras seharusnya dijual di tempat-tempat yang sudah ditetapkan dalam aturan, sehingga tidak merugikan banyak pihak. (Engel Wally)

 

 

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masih Ada Aktivitas Penjualan Miras di Jayapura