40 Juta Pelajar India Berjanji akan Selamatkan Burung Pipit

share on:
Ilustrasi burung pipit - photomalaysia.com
Ilustrasi burung pipit – photomalaysia.com

New Delhi, Jubi – Lebih dari 40 juta pelajar dari sekolah swasta dan pemerintah di Negara Bagian Uttar Pradesh di India Utara pada Senin (14/3/2016) berjanji akan menyelamatkan populasi burung pipit, yang berkurang, kata beberapa pejabat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan atas instruksi pemerintah lokal sebagai bagian dari upayanya untuk menciptakan kesadaran mengenai burung.

“Upacara penyampaian janji tersebut diselenggarakan di semua sekolah pada pagi hari,” kata seorang pejabat senior pemerintah, sebagaimana dikutip Xinhua , Selasa (15/3/2014).

“Siswa sampai kelas 12 ikut dalam upacara itu dan berjanji akan membantu menambah populasi burung pipit.” lanjutnya,

Tujuan acara tersebut ialah menciptakan kesadaran, yang akan membantu menyelematkan dan melestarikan habitat buat burung pipit. Upacara itu adalah bagian dari perayaan di negara bagian tersebut, yang dimulai pada 7 Februari dan akan mencapai puncaknya pada Hari Burung Pipit Dunia pada 20 April.

Selama beberapa tahun belakangan, kemerostoan tajam populasi burun pipit telah dicatat, padahal burung kecil itu pernah biasa terlihat di berbagai kota praja dan kota besar India.

Ahli ilmu burung menyalahkan urbanisasi massal sebagai penyebab kemerosan populasi burung tersebut. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  40 Juta Pelajar India Berjanji akan Selamatkan Burung Pipit