Tersangka Penembakan di Michigan Merasa Dikendalikan Aplikasi Uber

share on:
Ilustrasi aplikasi Uber di handphone - IST
Ilustrasi aplikasi Uber di handphone – IST

Kalamazoo, Michigan – Jubi – Pengemudi Uber di Michigan, yang didakwa membunuh enam orang pada bulan lalu dalam serangkaian penembakan, mengatakan kepada penyelidik bahwa aplikasi mobil tumpangan “mengambil alih” tubuhnya, kata stasiun televisi lokal, Senin (13/3/2016).

Kepala Kepolisian Kalamazoo memberikan dokumen tertulis setebal 100 halaman kepada televisi WZZM terkait serangkaian pembunuhan, yang diduga dilakukan Jason Dalton.

Reuters belum mendapat kesempatan memastikan kebenaran berita tersebut dan kantor penuntut umum di Kalamazoo menolak mengeluarkan dokumen serupa ketika diminta pada Senin.

Pengacara Daton, Eusebio Solis, juga belum berhasil dihubungi.

Dalton (45) mengatakan kepada polisi bahwa ketika dia menekan tombol di ponselnya maka akan muncul tanduk sapi iblis yang akan memberinya penugasan yang disebutnya telah “mengambil alih tubuhnya,” menurut laporan televisi WZZM, Selasa (15/3/2016)

“Pada saat saya masuk ke aplikasi (Uber), saya mulai merasa menjadi seperti boneka,” kata Dalton kepada polisi dalam pemeriksaan, masih menurut TV WZZM.

Reporter televisi itu melaporkan bahwa Dalton pada malam penembakan itu mengatakan bahwa istrinya tidak akan bisa berangkat bekerja dan anak-anaknya juga tidak bisa ke sekolah, lalu apabila mereka menghidupkan televisi maka mereka akan mengetahui alasannya.

Dalton didakwa dengan tuduhan menembak delapan orang dan menewaskan enam di antara mereka dalam jangka waktu lima jam pada tanggal 20 Februari ketika mengantar para penumpang dengan jasa taksi Uber di Kalamazoo, daerah yang berjarak 240 km di sebelah barat Detroit.

Polisi mengtakan bahwa Dalton bulan lalu mengakui penembakan tersebut.

Penuntut umum pada awal bulan mengatakan bahwa hakim mengabulkan permintaan pengacara Dalton untuk pemeriksaan kompetensi.

Jaksa di Kalamazoo, Jeffry Getting mengtakan bahwa mengandalkan kompetensi seorang terdakwa untuk persidangan tidak akan menghapuskan tanggungjawabnya atas tindak kejahatan.

Langkah tersebut tidak akan menentukan apakah Dalton bisa dinyatakan sinting secara hukum.

Dalton menghadapi 16 dakwaan termasuk enam pembunuhan yang dapat menyeretnya pada hukuman seumur hidup. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tersangka Penembakan di Michigan Merasa Dikendalikan Aplikasi Uber