Bupati Boven Digoel Terpilih Akan Pindahkan Kemakmuran ke Kampung

share on:
Lahan pertanian di salah satu kampung di Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke yang sedang dikembangkan. Jubi/Frans L Kobun
Lahan pertanian di salah satu kampung di Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke yang sedang dikembangkan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Wakil Bupati Boven Digoel terpilih, Chaerul Anwar menegaskan, dalam masa kepemimpinan lima tahun kedepan bersama bupati, Benediktus Tambanop, telah ada komitmen akan memindahkan kemakmuran ke kampung-kampung.

Artinya, berbagai program kegiatan pembangunan dijalankan dan atau dilaksanakan mulai dari kampung.

“Masyarakat akan dilatih dan ‘dipaksakan’ untuk bekerja. Tidak bergantung kepada budaya proposal lagi. Karena sumber daya alam (SDA) sangat menunjang untuk dikembangkan,” kata Anwar kepada sejumlah wartawan Rabu (16/3/2016).

Salah satu program yang akan dikembangkan adalah pertanian. Masyarakat didorong membuka lahan untuk menanam padi dan beberapa jenis tanaman lain. Khusus untuk padi,  masyarakat lokal telah mengembangan, meskipun masih dalam skala kecil.

“Saat kampanye, hasil beras petani di Waropo, kami beli dan memang kualitasnya sangat bagus. Nah, ini harus dikembangkan dan tentunya ada beberapa daerah akan dijadikan sentra pengembangan pertanian,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat, akan terus didorong bekerja dan menghasilkan sesuatu dari tangannya sendiri. “Saya kira banyak potensi di Boven Digoel yang selama ini belum dikembangkan dengan baik,” tuturnya.

Ditambahkan, dana untuk ke kampung sangat besar termasuk bantuan dari pemerintah pusat. “Kami juga telah mengalokasikan anggaran sebanyak Rp 500 juta nanti. Sehingga berbagai kegiatan pembangunan di kampung, dapat berjalan dengan baik,” katanya. (Frans L Kobun)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati Boven Digoel Terpilih Akan Pindahkan Kemakmuran ke Kampung