Imigrasi Kerjasama TNI Perkuat Kawasan Perbatasan

share on:
Kepala Imigrasi, Ronny Sompie - cnnindonesia.com
Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny Sompie – cnnindonesia.com

Timika, Jubi – Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM bekerjasama dengan pihak TNI guna memperkuat pengawasan masuk keluarnya orang asing pada empat kawasan perbatasan dengan negara tetangga Indonesia.

Dirjen Imigrasi, Ronny F Sompie, di Timika, Rabu (15/3/2016), mengatakan jajarannya akan bekerja sama dengan Kodam dan Lantamal di empat kawasan perbatasan negara tetangga untuk memperkuat pengawasan orang asing.

Empat kawasan tersebut yaitu perbatasan Indonesia-PNG di Papua, perbatasan Indonesia-Malaysia di Nunukan Kalimantan Utara, dan Pontianak Kalimantan Barat ,serta perbatasan Indonesia-Timor Leste di Atambua Nusa Tenggara Timur.

Mengingat jumlah personel Imigrasi yang bertugas di empat kawasan perbatasan antarnegara itu masih sangat terbatas, ke depan pihak Imigrasi akan mendapat perkuatan dari prajurit bintara TNI yang segera memasuki masa persiapan pensiun.

“Prajurit TNI yang memasuki MPP dengan sisa masa dinas tiga tahun bisa bergabung dengan kita di Direktorat Jenderal Imigrasi untuk memperkuat pelayanan kami pada empat kawasan perbatasan antarnegara,” kata Ronny.

Ia berharap hal itu mendapat sambutan dan dukungan positif dari jajaran TNI terutama para prajurit yang akan memasuki masa persiapan pensiun.

“Kami akan memberikan bimbingan teknis keimigrasian sehingga nantinya mereka dapat melaksanakan tugas sebagai pejabat imigrasi. Apalagi mereka sudah sangat paham dengan kondisi di wilayah perbatasan,” kata Ronny.

Senin (14/3), Dirjen Imigrasi Ronny Sompie bersama rombongan berkesempatan mengunjungi anak buahnya yang bertugas di pos pelayanan lintas batas Indonesia-Papua Nugini di Skouw, Distrik Muara Tami, Jayapura.

Ronny mengakui masih terbatasnya sumber daya petugas imigrasi di kawasan perbatasan Indonesia-PNG tersebut.

Mantan Kadiv Humas Mabes Polri itu juga berkesempatan meninjau Rumah Desansi Imigrasi Jayapura yang baru saja diresmikan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly, beberapa waktu lalu. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Imigrasi Kerjasama TNI Perkuat Kawasan Perbatasan