Kenaikan Tarif Premi BPJS Naik, IDI Cabang Merauke Keberatan

share on:
BPJS Kabupaten Merauke berikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan. Jubi/Frans L Kobun
BPJS Kabupaten Merauke berikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Merauke merasa keberatan dengan adanya kenaikan tarif premi BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat. Semestinya, jika tarif premi naik, harus dibarengi kenaikan  tarif pelayanan.

Sesuai Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016, diuraikan, iuran untuk kategori pekerja bukan penerima upah dan peserta bukan pekerja adalah di ruangan kelas III,  biaya awalnya Rp 25.500, kini naik menjadi Rp 30.000. Sedangkan kelas II menjadi Rp 51.000 dari sebelumnya Rp 42.000. Sementara kelas I Rp 80.000 dari sebelumnya Rp 59.000.

Ketua IDi cabang Merauke, dr. Kartun dalam keterangan pers di Kantor BPJS Rabu (16/3/2016) mengatakan, harapan IDI juga agar tarif pelayanan naik. Justru tidak sehingga agak repot dan sangat menyayangkan.

Dengan kenaikan iuran, diharapkan perbaikan pelayanan dari BPJS  ditingkatkan. “Tentu selama ini sudah berjalan baik. Hanya saja, kami sebagai dokter melihat masih banyak kekurangan yang harus dibenahi kembali,” pintanya.

Diharapkan juga agar BPJS selain memperhatikan masyarakat, membantu IDI dalam peningkatan kompetensi dokter melalui kegiatan seminar. “Kami berharap agar kegiatan seminar lebih diperbanyak lagi,” pintanya lagi.

Kepala Unit Umum Dan Keuangan BPJS Kabupaten Merauke, Vita Indah S mengaku, aturan penerapan iuran, sesuai dengan Perpres yang dikeluarkan tahun 2016. “Kami berharap kepada teman-teman wartawan untuk ikut mensosialisasikan kepada semua orang termasuk  masyarakat agar dapat diketahui,” katanya.

Petugas dari Dinkes Merauke, Suhardi menambahkan, jika regulasi dari pemerintah, maka bagaimanapun juga harus dijalankan. “Ya, kalau tuntutan premi dinaikkan, maka sudah  pasti masyarakat menginginkan dan mengharapkan pelayanan  lebih baik,” tuturnya. (Frans L Kobun)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kenaikan Tarif Premi BPJS Naik, IDI Cabang Merauke Keberatan