Tambang Emas Liar di Korowai -Boven Digoel Akan Ditertibkan

share on:
Wabup Boven Digoel terpilih, Chaerul Anwar. Jubi/Frans L Kobun
Wabup Boven Digoel terpilih, Chaerul Anwar. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi – Penambangan emas secara liar oleh sekelompok orang di daerah Korowai tepatnya di Distrik Lenderuma, Kabupaten Boven Digoel akan ditertibkan dalam waktu dekat.

“Memang saya sudah mendapatkan informasi secara lisan terkait penambangan emas secara liar yang dilakukan orang dari luar.  Penambangan liar itu, justru membuat masyarakat asli Papua menjadi sangat terganggu,” ujar Wakil Bupati Boven Digoel terpilih, Chaerul Anwar kepada sejumlah wartawan Rabu (16/3/2016).

Dikatakan, permasalahan dimaksud, tetap menjadi perhatian serius setelah dilantik bersama Bupati Boven Digoel, Benediktus Tambonop nanti. “Ya, ada ketidakpuasan dari penduduk lokal terkait penambangan emas liar yang dilakukan orang dari luar,” tegasnya.

Lebih lanjut Chaerul mengaku, berbicara tentang tambang, tidak masuk dalam agenda atau program kerja lima tahun ke depan. Karena perlu dilakukan pengkajian mendalam dan membutuhkan waktu pula. Namun demikian, jika dipandang sebagai potensi, tetap akan dikaji.

Saat ini penambangan liar itu sudah merusak alam serta membahayakan masyarakat, sehingga perlu dilakukan penertiban.

Anggota DPRD Boven Digoel, Luther Daud G mengaku, masyarakat sudah sangat resah dengan aksi penambangan emas secara liar. Sehingga bagaimanapun juga, harus dilakukan penertiban kembali. “Ya, kami berharap agar Bupati dan Wabup Boven Digoel yang  akan bekerja lima tahun kedepan, mengambil langkah tegas dengan kegiatan penambangan liar itu,” tuturnya. (Frans L Kobun)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tambang Emas  Liar di  Korowai -Boven Digoel  Akan Ditertibkan