Tiap KK Wajib Bayar Retribusi Sampah

share on:
Aktifitas pembersihan sampah yang dilakukan oleh DKPP Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally
Aktifitas pembersihan sampah yang dilakukan oleh DKPP Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Tiap kepala keluarga (KK) di Kabupaten Jayapura harus membayar retribusi sampah sebesar Rp 25 ribu dalam dua minggu.

Kepala Dinas Kebersihan Pertanaman dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Jayapura, Zakaraudin kepada Jubi di Sentani, Rabu (16/3/2016) mengatakan penerapan retribusi sampah sudah disosialisasikan kepada warga masyarakat melalui pemerintah distrik dan kampung. Oleh sebab itu, setiap kepala keluarga diwajibkan untuk melaksanakan kewajibannya dengan baik.

“Untuk menunjang hal ini, ada sejumlah armada pengangkut sampah baik trek dan bentor yang telah kami siagakan,” katanya.

“Jadi, untuk mengangkut sampah di areal pemukiman yang padat seperti BTN akan dilakukan oleh bentor. Sementara untuk di poros jalan yang telah disiapkan bak penampung sementara akan diangkut oleh trek,” lanjutnya.

Dirinya juga mengakui, dari sisi fasilitas penunjang dan sumber daya manusia masih mengalami kendala, tetapi hal ini terus diupayakan untuk menjadikan daerah ini bebas dari sampah.

“Fasilitas pengangkut dan sumber daya manusia kita memang masih terbatas, tetapi kita terus berupaya melakukan yang terbaik Kota kita,” katanya.

Salah satu warga BTN Purwodadi Sentani, Franco de Fretes mengatakan belum pernah ada fasilitas pengangkut sampah milik pemerintah yang melintas di wilayahnya untuk mengangkat sampah masyarakat.

“Sampah keluarga biasanya kami buang sendiri pada malam hari di bak-bak penampung sementara yang diletakkan di poros jalan,” katanya. (Engel Wally)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiap KK Wajib Bayar Retribusi Sampah