Jayapura Klaim Sebagai Kabupaten Dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Papua

share on:
Jefrry De Fretes, Kepala BPS Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally
Jefrry De Fretes, Kepala BPS Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura, mengklaim tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Papua adalah di Kabupaten Jayapura. Data BPS Kabupaten Jayapura mencatat, tingkat pertumbuhan ekonomi di wilayah ini mencapai 11% di Tahun 2014.

“Tingkat pertumbuhan ekonomi kita di Kabupaten Jayapura adalah sebelas koma sekian persen, dan itu yang tertinggi di Papua pada tahun 2014,” ujar Jefrry De Fretes Kepala BPS Kabupaten Jayapura ketika di temui di kantornya. Kamis (17/3/2016).

Ia mengakui pertumbuhan ekonomi yang cukup luar biasa ini, tidak terlepas dari kerja keras semua pihak di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura dan semua pihak yang telah mendukung program –program ekonomi di Daerah ini.

“Ini adalah prestasi yang luar biasa di bawah kepemimpinan bapak bupati Matius Awoitau. Hal ini juga tidak terlepas dari usaha dan kerja keras semua stekholder yang mendukung program-program peningkatan ekonomi didaerah ini,” jelasnya.

De Fretes mengaku, indikator dari peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah ini sangat dipengaruhi oleh Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB). Dimana transaksi jual beli yang dilakukan oleh masyarakat dinilai tertinggi di Papua.

“Hal ini akan berimbas kepada jumlah keluarga miskin didaerah ini yang secara otomatis akan turun juga,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya sangat berharap agar semua elemen masyarakat dan juga pemerintah daerah bekerja keras untuk mempertahankan apa yang telah dicapai, karena untuk mencapainya membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Kita juga harus mengakui, untuk merebutnya memang terlihat mudah. Tetapi apakah hal ini dapat dipertahankan atau mungkin ditingkatkan kearah yang lebih baik lagi?” harapnya.

Dikesempatan lain, Bupati Jayapura ,Matius Awoitau menegaskan peningkatan kesehjateraan masyarakat dipengaruhi oleh jumlah pendapatan di sektor ekonomi oleh masyarakat itu sendiri.

“Masyarakat harus meningkatkan pendapatan mereka sendiri. Karena dengan peningkatan pendapatan itulah tingkat kesejahteraan kabupaten akan semakin baik,” kata Awoitau. (Engel Wally)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jayapura Klaim Sebagai Kabupaten Dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Papua