20 Sekolah Terima Penghargaan Menteri Pendidikan

share on:
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano ketika memberikan penghargaan kepada 20 sekolah – Jubi/Enrico
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano ketika memberikan penghargaan kepada 20 sekolah – Jubi/Enrico

Jayapura, Jubi – Penghargaan dari menteri pendidikan dan kebudayaan diberikan kepada 20 sekolah yang telah menjaga integritasnya dalam ujian nasional melalui ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Penghargaan ini diberikan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano yang mewakili menteri pendidikan.

Kedua puluh sekolah yang mendapatkan penghargaan adalah 6 sekolah menengah atas, 9 sekolah menengah kejuruan dan 5 sekolah menengah pertama, seperti SMAN 2, SMKN 5, SDK Kalam Kudus, SMA YPPK Taruna Bhakti, dan beberapa sekolah lainnya.

“Revolusi mental akan tercapai apabila kejujuran ada dalam dunia pendidikan,” ujarnya.

Ia mengatakan, sekolah yang mendapatkan indeks rata-rata ujian nasional yang tinggi mendapatkan penghargaan dari kementrian. Perlu mendapatkan pengakuan dan apresiasi yang tinggi. Penghargaan ini hanya diberikan kepada sekolah yang memiliki nilai di atas 80.

“Kementrian melakukan penilaian hanya kepada sekolah yang sukses menjalankan integritasnya,” ujarnya.

Karenanya, diharapkan semua sekolah di kota Jayapura dapat menjalankan UNBK di tahun 2017 nanti. Sekolah yang memilih untuk konsisten menegakan kejujuran dapat menghasilkan generasi penerus yang mampu bersaing. Sekolah dan perguruan tinggi harus bisa menjadi alat kontrol cita-cita kemajuan bangsa.

Setiap kepala sekolah, kata Tomi Mano, harus menguasai manajemen kepemimpinan pendidikan. Setiap guru harus profesional serta harus menggalakan pengembangan manajemen sekolah atau pembelajaran sekolah melalui penelitian-penelitian.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa menjelaskan, pada tahun 2014-2015 sekitar 24 sekolah di kota Jayapura mendapatkan indeks ujian nasional yang tertinggi. Ada 4 sekolah yang melaksanakan UNBK, yang tidak masuk hitungan.

“Yang dinilai adalah indeks integritas ujian nasional pada tahun 2015 sekolah-sekolah yang melaksanakan ujian tertulis,”

Yang dimaksud dengan integritas, kata Wayan, yaitu tidak ditemukan kecurangan. Tidak ditemukan contek-mencontek atau apa yang disebut tim sukses.

“Nah, 20 sekolah itulah yang diberikan penghargaan,” ujarnya. (Enrico Karubuy)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  20 Sekolah Terima Penghargaan Menteri Pendidikan