BPS Nabire Rekrut 155 Tenaga Kontrak Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

share on:
Para pegawai BPS Kabupaten Nabire – Jubi/Munir
Para pegawai BPS Kabupaten Nabire – Jubi/Munir

Nabire, Jubi – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nabire telah merekrut 155 tenaga kontrak yang akan melakukan sensus ekonomi di Kabupaten Nabiresecara serentak mulai 1-31 Mei 2016 mendatang.

Jadi nanti kami akan melatih mereka untuk mengenal konsep dan definisi sensus ekonomi itu sendiri, setelah dilatih baru mereka akan melakukan tugas pendataan dilapangan,” ujar Kepala BPS Kabupaten Nabire, Wempi Howay, di Kantor BPS Nabire, Jumat (18/3/2016).

Selain 155 tenaga kontrak tersebut, sebanyak 23 pegawai di BPS Nabire yang akan dilibatkan dalam sensus ekonomi tersebut.

Jadi tenaga kontrak tersebt hanya akan kami kontrak selama satu bulan saja, selama penyelenggaraan sensus ekonomi,” katanya.

Pada sensus ekonomi tersebut, petugas akan melakukan pendataan kekayaan seseorang dari berbagai jenis usahanya kecuali pertanian.

Meskipun begitu warga tidak perlu takut karena pemerintah menjamin kerahasiaannya, walaupun jenis usahanya tersebut boleh dikatakan dalam tanda kutip haram,” katanya.

Nanti teknis dalam pelaksanaannya petugas akan dibagi menjadi dua, yakni petugas pendataan lapangan dan petugas pemeriksa dokumen.

Dari 15 Distrik yang ada di Kabupaten Nabire yang paling padat usahanya adalah Distrik Nabire Kota, sehingga untuk Distrik Nabire mendapat kuota petugas sebanyak 78 orang.

Sisanya itu akan kita bagi ke 14 distrik lainnya, jumlah petugas yang akan ditempatkan di tiap distrik disesuaikan dengan beban kerja yang ada di lapangan.Untuk distrik-distrik yang kegiatan ekonominya tidak terlalu padat, atau daerah remote area dua atau tiga orang saja sudah cukup,” katanya.

Seperti Distrik Dipa, Menou, Teluk Umar, Yaur, Moora, Napan, itu mendapat kouta dua orang, untuk Distrik Wanggar, Nabire Barat, Teluk Kimi, Makimi dan Uwapa itu mendapat kuota tiga sampai lima orang,” katanya lagi.

Wakil Bupati Kabupaten Nabire, Amirullah Hasyim mengharapkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nabire dapat bekerja maksimal mensukseskan pelaksanaan sensus ekonomi di Kabupaten Nabire pada 1-31 Mei 2016 mendatang.

Ia juga meminta kepada para pengusaha bisa ikut berpartisipasi mensukseskan sensus ekonomi tersebut.

Para pengusaha yang ada di Kabupaten Nabire tidak perlu takut, karena terjamin kerahasiaannya, tidak akan dibeberkan rahasia kekayaan dan lainnya,” kata Amirullah Hasyim kepada Jubi di Kantor BPS Nabire, Jumat (18/3/2016). (Jubi/Munir)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPS Nabire Rekrut 155 Tenaga Kontrak Sukseskan Sensus Ekonomi 2016