Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Jayapura Tertinggi di Papua, Bupati Apresiasi

share on:
Transaksi jual beli di pasar pharaa Sentani merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi daerah - Jubi/Engel Wally
Transaksi jual beli di pasar pharaa Sentani merupakan salah satu indikator pertumbuhan ekonomi daerah – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitau mengapresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat, dunia usaha, dan pelaku ekonomi yang telah bersama mendukung terhadap upaya pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah.

Kabupaten itu mendapat predikat sebagai kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Papua, dengan nilai pertumbuhannya mencapai 11,74%.

“Dua digit di atas sepuluh sudah termasuk tertinggi, kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung upaya pembangunan di daerah ini,” katanya usai memimpin apel siaga sensus ekonomi di Sentani, Jumat (18/3/2016).

Ia mengatakan dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi kita harus memberikan semangat kepada masyarakat di kampung-kampung melalui program pemberdayaan kampung. Karena kebangkitan ini akan ditentukan oleh masyarakat kita sendiri, bukan orang lain.

Ia juga menuturkan predikat Papua saat ini adalah Provinsi yang termiskin di Indonesia, maka upaya – upaya peningkatan ekonomi masyarakat ini yang akan mendorong kita keluar dari predikat dengan Daerah termiskin.

“Semangat ini harus kita dorong terus sampai di kampung-kampung sehingga predikat yang diberikan kepada kita sebagai daerah termiskin di Indonesia bisa terlepas,” katanya.

Maka dari itu, ia mengharapkan semua elemen masyarakat dan juga dunia usaha, pelaku ekonomi untuk terus terlibat dan mendorong peningkatan ekonomi daerah.

“Pendidikan, kesehatan, ekonomi, budaya, olahraga adalah bagian-bagian penting yang tidak dipisahkan. Oleh sebab itu, semua elemen masyarakat harus bekerja keras dalam peningkatan sumber daya manusia untuk bersama-sama dengan pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita yang lebih baik lagi,” katanya.

Salah satu pengusaha di Jayapura, Maurits Kallem mengatakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah ini harus ada kebijakan khusus dan pelimpahan kewenangan kepada pelaku ekonomi, dunia usaha dan aktivitas ekonomi baik mikro dan makro yang ada di daerah ini.

“Pelaku usaha turut mengambil peran penting di sini untuk menyediakan semua fasilitas tempat transaksi ekonomi bagi masyarakat. Maka harus ada pelimpahan kewenangan, dan juga keberpihakan terhadap pelaku usaha itu sendiri. (Engel Wally)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Jayapura Tertinggi di Papua, Bupati Apresiasi