Wali Kota Dorong Guru Siapkan Anak Didik Hadapi MEA

share on:
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano - Jubi/Dok.
Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano – Jubi/Dok.

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengajak stakeholder bidang pendidikan untuk menyiapkan peserta didik menghadapi era masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Persaingan bebas ASEAN mengharuskan guru menghasilkan anak didik yang mandiri dan mampu bersaing. Banjir tenaga kerja yang diikuti banjirnya barang dan jasa dari luar negeri menyebabkan guru harus bisa menyiapkan anak-anak didiknya menjadi manusia yang memiliki keterampilan dan pencipta lapangan pekerjaan.

Jika sekolah menyiapkan anak didiknya dengan baik, diharapkan Jayapura mampu mandiri memenuhi kebutuhan barang dan jasanya sendiri secara swasembada. Bahkan bisa terjadi surplus atau sebagai pemasok barang dan jasa keluar negeri.

“Tidak mungkin tanggung jawab pendidikan diserahkan kepada SKPD yang menanganinya saja,” katanya di Jayapura, Jumat (18/3/2016).

“Orang tua, dunia pendidikan, LSM, kita semua terlibat menyiapkan sumber daya manusia,” ujarnya.

Karenanya, kontribusi semua pihak akan menjadi sumbangan yang berharga dan menjadi investasi penting dalam pembangunan sumber daya manusia di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Jayapura.

Stakeholders kunci, lanjutnya, merupakan stakeholder yang memiliki kewenangan secara legal seperti unsur eksekutif, masyarakat lokal, orang tua, negara serta pengelola profesi pendidikan.

Salah seorang guru SD mengaku khawatir dengan adanya MEA yang sudah berjalan. Sementara para guru baru menyiapkan anak-anak untuk menghadapi MEA.

“Apakah ada peraturan khusus yang dapat melindungi hak-hak pribumi terkait persaingan dalam MEA,” ujarnya. (Enrico Karubuy)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wali Kota Dorong Guru Siapkan Anak Didik Hadapi MEA