Sejumlah Kampung di Jayapura Andalkan Air Hujan

share on:
Kepala Bidang Tehnik Penyehatan Air dan Sanitasi Lingkungan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Jan Willem Rumere - Jubi/Engel Wally
Kepala Bidang Tehnik Penyehatan Air dan Sanitasi Lingkungan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Jan Willem Rumere – Jubi/Engel Wally

Sentani, Jubi – Sejumlah kampung di wilayah pembangunan tiga dan empat Kabupaten Jayapura belum menikmati air bersih. Mereka hanya mengandalkan air hujan dan air tanah yang mengandung kapur.

Hal itu diketahui dari kunjungan kerja DPRD setempat belum lama ini. Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Abraham Demonggreng mengatakan pihaknya sudah menerima laporan masyarakat tersebut dan akan ditindaklanjuti.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Tehnik Penyehatan Air dan Sanitasi Lingkungan pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Jayapura, Jan Willem Rumere mengaku pihaknya telah mengusulkan sejumlah program penanganan air bersih melalui dana APBN untuk membiayai pekerjaan di berbagai kampung rawan air.

“Air bersih di wilayah pembangunan tiga dan empat, secara khusus di tiga distrik yang dikategorikan sebagai kampung rawan air sesuai dengan data badan pusat statistik kabupaten Jayapura, yaitu Distrik Airu, Yapsi Dan Kemtuk Gresi,” kata Rumere, Sabtu (19/3/2016).

Menurut Rumere pengerjaannya dilaksanakan pada tahun 2017 melalui dana APBN yang baru saja diusulkan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Daerah Kabupaten Jayapura Tahun 2016.

“Pelaksanaan kegiatan penyehatan air bersih dan sanitasi lingkungan sudah kami koordinasikan dengan pihak provinsi, dengan harapan ada dana APBN yang bisa membiayai pekerjaan tersebut,” katanya.

Dalam waktu dekat dilakukan rapat koordinasi antara pemerintah dan masyarakat setempat untuk membicarakan proses pekerjaannya.

“Selama ini kita selalu terbentur dengan masalah hak ulayat dalam melaksanakan pekerjaan pembangunan. Oleh sebab itu, kita juga berharap ada kerja sama yang baik sehingga pekerjaan pengadaan air bersih di tiap kampung rawan air dapat berjalan dengan baik,” katanya. (Engel Wally)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Sejumlah Kampung di Jayapura Andalkan Air Hujan