BPBD Imbau Warga di Sekitar Bantaran Kali Nabire Waspada Bahaya Longsor

share on:
Warga yang datang menyaksikan putusnya Jembatan Kali Nabire, Kelurahan Bumiwonorejo, Kabupaten Nabire – Jubi/Munir
Warga yang datang menyaksikan putusnya Jembatan Kali Nabire, Kelurahan Bumiwonorejo, Kabupaten Nabire – Jubi/Munir

Nabire, Jubi – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nabire, Edy Raya mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Bantaran Kali Nabire untuk waspada bahaya longsor.

Pasalnya saat ini tanah di pinggiran Kali Nabire pelan-pelan sudah mulai longsor, bahkan ada yang hanya menyisakan jarak satu meter dari pemukiman warga, saat kejadian banjir beberapa waktu lalu yang mengakibatkan putusnya jembatan Kali Nabire.

Lebih lanjut dikatakannya, seharusnya warga tidak boleh tinggal di sekitar bantaran kali tersebut, karena sangat berbahaya.

Dijelaskannya seharusnya jarak titik aman, untuk dibangunnya rumah disekitaran bantaran kali adalah 25 meter dari dasar kali.

“Kondisinya sekarang jarak rumah warga sudah sangat dekat dengan kali, bahkan ada yang hanya tinggal satu meter,” ujarnya.

Lanjut dia, pihaknya telah mengingatkan warga untuk waspada, karena rawan terjadinya longsor.

Sebelumnya, salah seorang warga yang tinggal disekitar bantaran Kali Nabire, Aminah Ohoibar, mengharapkan untuk pemerintah segera memperbaiki jembatan Kali Nabire tersebut.

“Juga kami minta pemerintah untuk bisa memperkuat lapisan tanah sehingga tidak terjadi longsor dan dapat menimbulkan korban jiwa,” katanya. (Munir)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPBD Imbau Warga di Sekitar Bantaran Kali Nabire Waspada Bahaya Longsor