Kekeringan di Mikronesia Semakin Buruk

share on:
Tanda peringatan El Nino di  Pohnpei, Federasi Mikronesia - pacificrisa.org
Tanda peringatan El Nino di Pohnpei, Federasi Mikronesia – pacificrisa.org

Jayapura, Jubi – Pusat Ramalan Cuaca Mikronesia mengatakan kekeringan parah yang melanda Mikronesia diduga akan memburuk selama beberapa minggu ke depan.

Dalam satu pekan ini, banyak tangki air yang dikirimkan ke Fais di Negara Federasi Mikronesia untuk membantu memulihkan kondisi masyarakat dari Topan Maysak dan mempersiapkan diri untuk perubahan iklim serta kekeringan yang terjadi.

Sebagian besar wilayah Mikronesia telah dipengaruhi oleh kekeringan, dipicu oleh El Nino berkepanjangan yang melanda kawasan Pasifik.

Mariana Utara, Palau, Federasi Mikronesia dan Kepulauan Marshall telah merasakan dampak fenomena El Nino. Mikronesia dan Kepulauan Marshall bahkan telah mengumumkan keadaan darurat karena El Nino.

Radio New Zealand, Senin (21/3 2016) melaporkan Pusat Layanan Cuaca Guam telah meluncurkan laporan kekeringan terbaru. Laporan ini menunjukkan tidak adanya perubahan cuaca dalam beberapa pekan ke depan.

“Kami tak bisa mengatakan bahwa kita mengharapkan perbaikan sampai musim panas. Itu akan menjadi lebih buruk dan lebih buruk lagi selama beberapa minggu ke depan. Kami berharap bahwa ada sedikit perubahan pola atmosfer. Dengan demikian akan terjadi hujan di daerah Mikronesia,” kata Pemimpin Layanan Cuaca Guam , Clint Simpson. (Victor Mambor)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kekeringan di Mikronesia Semakin Buruk