Pemkab Jayapura Lepas 150 Guru Kontrak

share on:
Para guru kontrak membawakan dua buah lagu sebelum dilepas menuju ketempat tugas mereka - Jubi / Engel Wally
Para guru kontrak membawakan dua buah lagu sebelum dilepas menuju ketempat tugas mereka – Jubi / Engel Wally

Sentani, Jubi – Sebanyak 150 tenaga Guru kontrak, hasil kerja sama Lembaga Indonesia Cerdas (LIC) dan Pemerintah Kabupaten Jayapura telah dilepas untuk ditempatkan di setiap sekolah yang membutuhkan tenaga guru. Tenaga guru kontrak yang direkrut itu, 80 orang dari luar Papua, dan 70 dari Kabupaten Jayapura.

Bupati Jayapura Matius Awoitau mengatakan perekrutan dilakukan secara bervariasi itu bertujuan agar ada pembauran dan kebersamaan guna melihat masalah-masalah pendidikan di daerah itu.

“Delapan puluh tenaga guru yang direkrut dari luar papua, sebagian besarnya adalah sarjana pendidikan. Ada dari medan, Kalimantan, dan juga nusa tenggara timur serta tujuhpuluh lainnya adalah anak-anak asli Kabupaten Jayapura. Kami masih kekurangan tenaga guru, sebab itu kami terus mengisi kekurangan-kekuragan tersebut dengan jalan seperti ini,” kata Bupati Jayapura di Aula lantai dua Kantor Bupati Gunung Merah Sentani usai melepas guru kontrak, Senin (21/3/2016).

Bupati juga mengakui, kondisi geografis Kabupaten Jayapura termasuk sulit bagi guru yang baru tiba di tempat tugas, namun kesulitan tersebut akan menjadi hal yang biasa setelah dua sampai tiga bulan.

“Sebelumnya para guru kontrak ini telah diperkenalkan dengan daerah yang akan menjadi tempat tugas mereka. Selama beberapa bulan lalu mereka telah dibekali secara khusus tentang apa yang harus dilakukan selama melaksanakan tugas,” ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati telah memerintahkan seluruh jajaran pemerintah di tingkat bawah untuk ikut  bertanggung jawab terhadap para guru kontrak yang ada di wilayahnya.

“Ketika mereka melaksanakan tugas, semua komponen masyarakat harus bertanggung jawab terhadap mereka, pihak adat, gereja dan pemerintah. Supaya mereka juga tidak merasa asing di daerah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Syaphart Supit Ketua Umum LIC mengatakan tujuan kerja sama pihaknya dengan Pemkab Jayapura secara khusus di bidang pendidikan, untuk membantu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Daerah itu. (Engel Wally).

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkab Jayapura Lepas 150 Guru Kontrak