Warga PNG Mendapatkan Pelatihan Diplomasi di Selandia Baru

share on:
Maria Dolores Biaun - RNZI / Johnny Blades
Maria Dolores Biaun – RNZI / Johnny Blades

Jayapura, Jubi – Warga Papua Nugini (PNG) yang berada di Selandia Baru untuk pelatihan diplomasi mengatakan bahwa untuk lulusan muda seperti dia, terlibat dengan negara tetangga adalah hal yang sangat menguntungkan.

Maria Dolores Biaun adalah salah satu dari sepuluh orang yang dipilih darisekitar 600 pelamar untuk mengikuti program pelatihan diplomasi di Selandia Baru.

Untuk program ini, Departemen Luar Negeri PNG bekerjasama dalam kemitraan dengan Victoria University of Wellington di Selandia Baru untuk mempersiapkan calon, serta petugas yang melayani dari departemen lain, dengan keterampilan dan pengetahuan diplomasi.

“Terutama ketika kita terlibat dengan orang-orang yang memiliki pengalaman dari berbagai negara dan tingkat yang berbeda, kita mendapat pengalaman baru. Itu membuka mata kami dan kami mendapatkan kesempatan istimewa bisa datang dan duduk dengan orang-orang dari latar belakang yang berbeda untuk belajar. Saya merasa sangat terhormat menjadi salah satu dari mereka. Program ini sangat berguna,” kata Maria, dikutip Radio New Zealand, Senin (21/3/2016).

Maria mengatakan minat dalam ilmu diplomasi pada lulusan universitas di negaranya sangat tinggi.

Dia mengatakan tidak banyak departemen pemerintah PNG memiliki program pembangunan paska sarjana.

“Mahasiswa universitas, mereka lulus, mereka mencari pekerjaan. Departemen ini tidak hanya memfokuskan pada siswa yang berada di bawah disiplin ilmu sosial, tetapi merekrut siswa dengan latar belakang ilmu lainnya, jadi banyak pelamar,” tambah Maria. (Victor Mambor)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga PNG Mendapatkan Pelatihan Diplomasi di Selandia Baru