Ciptakan Pengembang Profesional, Apernas Adakan PSPP Dan Pelantikan Pengurus

share on:

 

Ketua DPW Apernas Papua Warner Baransano-Jubi/dok
Ketua DPW Apernas Papua Warner Baransano-Jubi/dok

Jayapura, Jubi – Asosiasi pengembang rumah sederhana sehat nasional (Apernas) mengadakan pelatihan dan sertifikasi pengembang profesional (PSPP) di Hotel Sahid, Jayapura, 21-22 Maret 2016. Selain pelatihan, Apernah akan melantik pengurus dewan pengurus wilayah (DPW) Papua dan Papua Barat dan pengurus dewan pengurus daerah tingkat kabupaten/kota.

Susunan pengurus DPW dan DPD 29 kabupaten/kota telah diusulkan ke dewan pengurus pusat (DPP) Apernas. Selanjutnya, nama-nama pengurus yang diajukan diverifikasi oleh DPP. Setelah disetujui lalu para pengurus ini akan dilantik pada 22 Maret 2016.

Ketua DPW Apernas Papua Warner Baransano mengatakan, para pengurus DPD maupun DPW Apernas merupakan profesional pengembang rumah. Tidak ada unsur partai politik dan keputusan DPP murni profesional yang bergerak di bidang properti.

“Terkait dengan keputusan-keputusan pembentukan DPD merupakan kewenangan ketua umum Apernas,” kata Baransano kepada wartawan, Minggu (20/3/2016) malam.

Ia mengatakan, untuk melaksanakan keputusan ketua umum DPP, dirinya sebagai mandataris pelaksanaan pelatihan sertifikasi pengembang profesional (PSPP) Apernas yang ke-28 di Papua. Yang kedua adalah, pembentukan badan pengurus DPD seluruh kabupaten/kota di provinsi Papua dan Papua Barat.

Sehingga secara hukum, melaksanakan mandat DPP merupakan suatu keputusan yang sah yang diberikan dpp. Sehingga selaku pemegang mandat telah melakukan beberapa kegiatan. Salah satunya adalah penyusunan DPD yang sudah terbentuk.

“Pembentukan DPD ini sudah terealisasi dan sudah terdaftar ke Kesbangpol,” kata Baransano.

Nah, melihat pada posisi pelaksanaan sertifikasi yang dilaksanakan, ini ada beberapa hal yang menjadi catatan. Dia membuat laporan yang akan diteruskan kepada DPP sebagai pengambil keputusan dalam asosiasi.

“Apa yang menjadi kewenangan yang diberikan DPP, itu sudah saya lakukan,” tegas Baransano.

Ruben Magai, selaku panitia pelaksana PSPP Apernas ini mengatakan, pelatihan dan pembentukan pengurus mengutamakan orang asli Papua. Diharapkan anak-anak Papua dapat menjadi pengembang yang profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai pengembang rumah.

“Peminatnya sangat banyak, sekarang kita hanya terima orang Papua dulu,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum DPP Apernas, Sukandi menambahkan, sesuai acuan DPP, dirinya bertugas sebagai ketua pelaksana pelatihan dan sertifikasi pengembang profesional. Dia dan segenap timnya dalam rangka pelaksanaan sertifikasi siap untuk melaksanakan. Dan segala sesuatunya juga mereka sudah siapkan termasuk administrasi dan fasilitas yang akan digunakan.

“Selasa (21/3/2016), kami pasti akan melaksanakan seberapa banyak pun yang datang,” ujarnya.

Untuk PSPP, lanjutnya, tujuannya untuk anak-anak Papua agar bisa menjadi pengembang rumah yang profesional.  Harapannya, kegiatan PSPP di Jayapura ini akan berhasil sesuai cita-cita Apernas.

Selain sertifikasi ini, Sukandi mengatakan, Apernas berupaya memajukan anggotanya dengan mengadakan program pelatihan setiap bulan. Untuk bekal para anggota Apernas karena anggota Apernas banyak pengembang pemula.

“Agar mereka benar-benar mempunyai ilmu,” imbuhnya.

Dalam PSPP, ada 8 materi yang diberikan dari narasumber yang berkaitan langsung dengan profesi pengembang rumah.  Seperti dari BPJS, Kemenpu-pera, BTN, BPN, Bapertarum, YKPP, Perpajakan serta Perijinan Terpadu. (Enrico Karubuy)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ciptakan Pengembang Profesional, Apernas Adakan PSPP Dan Pelantikan Pengurus