Parlemen Vanuatu Yakin Selesaikan Penyusunan Anggaran Jumat Ini

share on:
Kantor Parlemen Vanuatu di Port Vila - Jubi/Victor Mambor
Kantor Parlemen Vanuatu di Port Vila – Jubi/Victor Mambor

Jayapura, Jubi – Pemerintah Vanuatu yakin mereka akan menyelesaikan penyusunan anggaran pada Jumat (25/3/2016), menjelang batas waktu yang ditetapkan, yakni 31 Maret.

Seorang juru bicara untuk perdana menteri Charlot Salwai, kepada Radio Vanuatu, Rabu (23/3/2016) mengatakan pemerintah dan anggota oposisi parlemen telah sepakat untuk menyelesaikan penyusunan anggaran tetapi akan terus memperdebatkannya selama minggu ini untuk setiap alokasi dana.

Sekitar US$ 174,5 juta anggaran yang disusun sangat mendesak untuk ditetapkan pengalokasiannya. Hal ini seharusnya diselesaikan pada tahun lalu. Namun krisis korupsi yang diikuti runtuhnya pemerintahan negara ini membuat penyusunan anggaran tersebut tertunda.

Di atas dari total anggaran yang disusun ini, ada hampir US$ 350 juta yang akan dialokasikan dari badan-badan bantuan internasional dan donor dalam merespon  Topan Pam yang menghancurkan negara ini tahun lalu.

Juru bicara itu mengatakan pemimpin oposisi, Alatoi Ismail Kalsakau telah menyatakan bahwa alokasi untuk kementerian kesehatan dan pendidikan tidak cukup.

“Tapi Perdana Menteri Salwai menjawab bahwa para menteri baru departemen hanya perlu mengelola anggaran itu lebih baik daripada menerima dana tambahan,” kata juru bicara ini.

Perdebatan tentang alokasi anggaran di parlemen Vanuatu masih berlanjut hingga Jumat pekan ini. (Victor Mambor)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Parlemen Vanuatu Yakin Selesaikan Penyusunan Anggaran Jumat Ini