ISIS Dikepung di Palmyra, AS Klaim Satu Petinggi ISIS Tewas

share on:
Tentara ISIS - theodysseyonline.com
Tentara ISIS – theodysseyonline.com

Jayapura, Jubi – Tentara ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) berada di kota Palmyra salah satu lokasi strategis di Suriah pada hari Jumat (25/3/2016), saat Amerika Serikat (AS) mengklaim kemungkinan menewaskan beberapa pemimpin senior kelompok ini minggu ini termasuk satu pejabat keuangan.

Serangan AS ini datang tiga hari setelah pembom bunuh diri ISIS menewaskan 31 orang di Brussels, serangan terburuk dalam sejarah Belgia.

Tentara Suriah masih berjuang untuk merebut kembali kota gurun Palmyra dari pasukan ISIS. Banyak kuil dan makam di Palmyra disebutkan telah ditanami dinamit oleh tentara ISIS yang disebut oleh PBB sebagai kejahatan perang. Namun rekaman televisi lokal pada hari Jumat menunjukkan setidaknya beberapa tiang-tiang masih berdiri.

Menteri Pertahanan AS Ash Carter mengklaim Amerika Serikat telah menewaskan Haji Iman – alias Abd ar-Rahman Mustafa al-Qaduli, seorang pemimpin senior negara Islam yang bertanggung jawab atas keuangan kelompok, dan Abu Sarah, yang dikatakan Carter telah membiayai pejuang di Irak utara, dalam serangan hari Jumat itu.

Salah satu pejabat Departemen Pertahanan AS mengatakan penyerangan itu rencananya hanya untuk menangkap para pentolan ISIS, bukan membunuh mereka. Tapi setelah helikopter AS ditembaki, keputusan kemudian dibuat untuk menembak dari udara.

“Kami secara sistematis menghilangkan kabinet ISIL ini,” kata Carter kepada wartawan di Pentagon, menggunakan akronim untuk merujuk kelompok ISIS.

Jenderal Marinir AS, Joseph Dunford, Kepala Staf Gabungan, mengatakan kematian para pentolan ISIS ini mencerminkan momentum baru “tak terbantahkan” dalam perang melawan ISIS.

Militer Irak pada Jumat mengatakan bahwa para pejuang Yazidi dan suku Irak telah mengambil alih daerah perbatasan di wilayah Sinjar sebelah Suriah dari ISIS. Pengambilalihan ini telah memotong jalur pasokan penting bagi ISIS. (Victor Mambor)

Tags:
Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ISIS Dikepung di Palmyra, AS Klaim Satu Petinggi ISIS Tewas