Tiga Tersangka Bom Brussels, Salah Satunya Mengaku Wartawan

share on:
Bagian dalam airport Brussels yang hancur akibat ledakan bom - twitter.com
Bagian dalam airport Brussels yang hancur akibat ledakan bom – twitter.com

Jayapura, Jubi – Jaksa Belgia menetapkan tiga orang pada hari Sabtu (26/3/2016) atas tuduhan terorisme dalam serangan bom Brussels. Otoritas setempat juga membatalkan ‘aksi demonstrasi melawan rasa takut’ yang direncanakan di ibukota untuk mengurangi tekanan pada kepolisian.

Serangan bom bunuh diri yang menargetkan bandara Brussels dan kereta metro pada jam-jam sibuk pada hari Selasa pekan lalu menewaskan 31 orang, termasuk tiga dari penyerang, dan melukai ratusan lainnya. ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Di tengah meningkatnya tanda-tanda bahwa serangan itu dilakukan oleh jaringan militan yang sama yang berada di balik pemboman dan penembakan di Paris November lalu yang menewaskan 130 orang, anggota parlemen Jerman mengatakan Eropa sangat membutuhkan perbaikan komunikasi dari badan keamanan negara-negara Eropa.

Dari tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka, kejaksaan Belgia mengatakan satu orang bernama Faycal C. Media Belgia mengidentifikasinya sebagai Faycal Cheffou dan mengatakan ia adalah pria yang mengenakan topi dan jaket berwarna terang dalam rekaman CCTV bandara yang menunjukkan tiga pria mendorong troli bagasi.

Dua orang lain dalam rekaman tersebut diyakini telah meledakkan diri mereka. Cheffou didakwa atas keterlibatannya dalam kegiatan kelompok teroris dan percobaan pembunuhan.

Dua lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka adalah Aboubakar A. dan Rabah N, yang dituduh melakukan kegiatan teroris dan keanggotaan kelompok teroris.

Walikota Brussels, Yvan Mayeur mengatakan kepada surat kabar Le Soir bahwa Cheffou, yang mengaku sebagai seorang wartawan freelance, “berbahaya” dan ia telah ditahan beberapa kali di sebuah taman di mana ia berusaha untuk mendorong pencari suaka berkemah di sana untuk dipengaruhi menjadi anggota kelompok ekstremisme radikal. (Victor Mambor)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiga Tersangka Bom Brussels, Salah Satunya Mengaku Wartawan