Inilah Usulan Dinas PU Kota Jayapura Tahun 2017

share on:
Kepala Dinas PU Kota Jayapura, Nofdi J. Rampi – Jubi/Encrico
Kepala Dinas PU Kota Jayapura, Nofdi J. Rampi – Jubi/Enrico

Jayapura, Jubi – Dinas Pekerjaan Umum Kota Jayapura tahun anggaran 2017 mengusulkan program-program seperti penyediaan air bersih dan pemukiman layak huni.

Program air bersih saat ini sedang diperjuangkan agar masuk dalam anggaran pendapatan belanja negara (APBN). Model air bersih yang akan ditangani, selain dinas PU menyambung dari intake-nya PDAM, daerah-daerah yang susah air atau intake PDAM-nya jauh menggunakan sumur bor.

“Itu akan lebih banyak dan lebih efektif menjawab persoalan-persoalan seperti di daerah Muara Tami,” kata Kepala Dinas PU Kota Jayapura, Nofdi J. Rampi belum lama ini di Kota Jayapura.

Pihaknya melanjutkan beberapa usulan program yang akan ditangani, yaitu rumah-rumah khusus pemukiman di seluruh wilayah kota yang didanai Otonomi Khusus (Otsus), APBN dan dana alokasi khusus (DAK).

“Kita usulkan ke provinsi, kita usulkan ke APBN. Malah, kita memanfaatkan beberapa CSR (corporate social responsibility),” ujarnya.

Pihaknya tetap realistis soal target persentase pembangunan mengingat kondisi fisikal yang terbatas.

“Memang yang kita harapkan pembangunan jembatan Hamadi-Holtekamp yang dikeroyok 3 pemerintah, pemerintah kota, pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” ujarnya.

“Untuk alokasi jatah pemerintah kota ini, kita akan kejar, tapi untuk sampai ke 2017 belum terjawab. Khusus untuk hal yang strategis, apalagi kalau berbicara tentang pembangunan pasar Youtefa,” lanjutnya.

Kepala Distrik Muara Tami, Supriyanto mengatakan, selain pengadaan air bersih, pemkot dan pemerintah pusat telah membangun fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) di tiga kampung di Distrik Muara Tami.

Untuk kampung Skouw Sae sebanyak 200 MCK, Skouw Yambe 50 MCK, dan Skouw Mabo sekitar 150 MCK. Selain fasilitas MCK, masyarakat tiga kampung ini juga dibangunkan fasilitas air bersih.

“Jadi untuk kebutuhan dasar, planning pekerjaan akan dikerjakan dalam waktu 2 tahun,” katanya. (Enrico Karubuy)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Inilah Usulan Dinas PU Kota Jayapura Tahun 2017