Masyarakat Diharapkan Mampu Mengadvokasi Layanan Kesehatan

share on:
Peserta pelatihan penguatan kapasitas advokasi yang digelar Circle Indonesia di Wamena, Jayawijaya, Rabu (30/3/2016) – Jubi/Wesai
Peserta pelatihan penguatan kapasitas advokasi yang digelar Circle Indonesia di Wamena, Jayawijaya, Rabu (30/3/2016) – Jubi/Wesai

Wamena, Jubi – Circle Indonesia, mitra USAID Kinerja menggelar pelatihan peningkatan kapasitas bagi masyarakat kepada Forum Peduli Kesehatan Kabupaten Jayawijaya.

Peserta pelatihan ini diharapkan mampu mengadvokasi kasus-kasus yang terkait dengan pelayanan kesehatan masyarakat di puskesmas.

Koordinator Program Circle Indonesia, Genie Fitriady Fendy ketika ditemui Jubi di Wamena, Jayawijaya, Rabu (30/3/2016) mengatakan, pihaknya memberikan pelatihan bagaimana prosedur dan tahapan-tahapan dalam advokasi.

Tahapan-tahapan itu, di antaranya mengidentifikasi masalah, melihat isu strategis dan bagaimana mengatur strategi advokasi perbaikan.
“Lalu isu itu harus didorong kemana supaya bisa ada jawaban. Hal-hal ini yang kita kasih pelatihan. Harapannya masyarakat bisa menadvokasi sendiri persoalannya di kampung tanpa harus melalui LSM atau pihak lainnya,” kata Genie.

Ia mengatakan media merupakan salah satu sarana advokasi yang ampuh. Maka anggota jurnalis warga dan beberapa jurnalis media mainstream yang ikut dalam kegiatan tersebut diharapkan dapat melakukan advokasi bagi masyarakat melalui medianya.

Salah satu perwakilan Circle Indonesia, Gerry Kosay mengaku sudah menyelenggarakan kegiatan serupa. Maka kegiatan kali ini merupakan pendalaman materi sebelumnya.

“Pemahaman yang ada perlu diperdalam lagi dengan strategi advokasi agar bisa diterapkan dalam konteks wilayahnya,” kata Gerry. (Wesai H.)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masyarakat Diharapkan Mampu Mengadvokasi Layanan Kesehatan