Kemenag: Sebelum Daftar Nikah, Tes Urine Dulu di BNN

share on:
Ilustrasi - m.utusanriau.co
Ilustrasi – m.utusanriau.co

Ternate, Jubi – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), merencanakan tes urine bagi pasangan calon pengantin sebelum melaksanakan pernikahan sebagai salah satu upaya membantu memerangi penyalahgunaan narkoba.

“Setiap pasangan pengantin yang datang ke Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan untuk mendaftarkan pernikahan mereka, salah satu syaratnya adalah menjalani tes urine di Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat,” kata Kepala Tata Usaha Kemenag Kota Ternate Mahmud Zulkiram di Ternate, Kamis (31/3/2016).

Kalau hasil tes urine menunjukkan salah satu pasangan calon pengantin atau keduanya terbukti pemakai narkoba, maka diarahkan untuk menunda pernikahan sampai selesai menjalani rehabilitasi di BNN atau lembaga lainnya yang disiapkan oleh pemerintah.

Namun, menurut Mahmud Zulkiram, wacana tersebut masih harus dikoordinasikan dengan Kemenag Provinsi Malut dan Kemenag pusat, termasuk berbagai instansi terkait lainnya untuk mendapatkan persetujuan dalam penerapannya.

Kemenag Kota Ternate juga akan menjajaki kemungkinan penerapan tes urine kepada calon pengantin tersebut melalui peraturan daerah (perda) agar memiliki kekuatan hukum.

Mahmud Zulkiram mengatakan pasangan calon pengantin pemakai narkoba setelah menikah dipastikan sulit untuk mendapatkan rumah tangga yang sentausa sebagaimana yang menjadi tujuan dari sebuah perkawinan.

Selain itu, anak yang dilahirkan dari pasangan suami isteri pemakai narkoba berpotensi mengalami gangguan kesehatan.

“Presiden Joko Widodo telah menyatakan bahwa Indonesia masuk keadaan darurat narkoba jadi segala upaya harus kita lakukan memerangi narkoba, penerapan tes urine bagi calon pengantin salah satu upaya ke arah itu,” kata Jogugu (perdana menteri) Kesultanan Ternate itu. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kemenag: Sebelum Daftar Nikah, Tes Urine Dulu di BNN