Warga Sei Ubi Merasa Dibohongi Uni Primacom

share on:
Ilustrasi - kaderrakyat.blogspot.com
Ilustrasi – kaderrakyat.blogspot.com

SAMPIT, Jubi – Perusahaan besar swasta bidang perkebunan kelapa sawit PT Uni Primacom (Musirawas Citra Hapindo Group), dituding telah membohongi warga Sei Ubi, Desa Sebungsu Kecamatan Tualan Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur.

Alih-alih memberikan lahan kebun plasma seperti yang dijanjikan, perusahaan itu justru mengambilalih lahan milik kelompok (Poktan) Ubi Hapakat  seluas 500 Ha dari ploting 1.500 Ha yang sudah ada ditanami kelapa sawit. Perusahaan juga melakukan pemanenan secara sepihak buah sawit di lahan poktan tersebut.

“Lahan masyarakat yang seharusnya diperuntukan bagi plasma itu berada pada titik koordinat di km 20 (x:688.666/y:9.797.140) sampai di km 24 (x:686/176/y:9.799.577) sesuai dengan kesepakatan dengan PT Uni Primacom pada 2012 lalu,” kata Ketua Pokta Ubi Hapakat Siswandi alias Ganti melalui rilis, Selasa (28/3/2016).

Menurut dia, saat ini faktanya lahan tersebut telah dikuasai dan dimiliki oleh perusahaan PT Uni Primacom untuk kebun inti dengan mengatasnamakan kelompok tani Ubi Hapakat.

Bahkan, ujar Siswandi, untuk menghilangkan hak-hak keperdataan masyarakat sebagai pemilik lahan, lahan anggota kelompok tani tersebut dibeli oleh sekretaris desa atasnama Ampung (PNS) dengan diduga menggunakan uang milik perusahaan, khususnya untuk kepemilikan pribadi atasnama Roy (cucu pemilik perusahaan) seluas kurang lebih 150 Ha.

“Kami merasa telah dibohongi, karena pada kenyataannya lahan tersebut dikuasai secara mutlak oleh PT Primacom, sehingga keberadaan Poktan kami terkesan hanya sebagai tameng atau topeng dan tidak sah dan melawan hukum,” beber Siswandi dalam rilis yang juga dilampiri dengan tandatangan surat keberatan warga itu. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Sei Ubi Merasa Dibohongi Uni Primacom