Orang-orang Melanesia dari Selat Torres, Australia

share on:
Penari dari Melanesia Selat Tores, Pulau Horns-Jubi-ist
Penari dari Melanesia Selat Tores, Pulau Horns-Jubi-ist

Jayapura, Jubi- Selama ini orang hanya mengenal kalau orang asli Benua Australia hanya orang Aborigin ternyata ada juga orang-orang Melanesia di Kepulauan Thusrday Selat Torres Australia termasuk negara bagian Quensland .

Letak geografis Kepulauan Torres lebih dekat ke Papua New Guinea, tetapi wajah dan karakter orang-orang Melanesia di Kepulauan Selat Torres lebih mirip dengan masyarakat Suku Marind Anim di Kabupaten Merauke. Sejak dulu masyarakat Marind Anim terkenal suka melakukan perjalanan sampai ke PNG dan kepulauan Selat Torres.

Wilayah  kepulauan ini terletak tepat di sebelah utara Cape York, di antara Australia dan Papua Nugini, Kepulauan Selat Torres terdiri dari 274 pulau kecil, di mana hanya 17 di antaranya yang berpenghuni.  Masyarakat kepulauan ini telah mengembangkan perpaduan khas budaya Melanesia dan Aborigin Australia.

Laporan perjalanan wisata dari beberapa media menyebutkan masyarakat kepulauan ini  khususnya di Pulau Thursday atau Horn, pulau yang paling maju di gugus kepulauan ini.  Terdapat industri mutiara dan perikanan setempat di Pulau Thursday, yang dapat dijangkau dengan kapal feri dari Cape York.
Ada pula  museum, galeri seni dan situs Perang Dunia II yang bersejarah di Pulau Horn, yang dapat dijangkau dengan pesawat.  Kedua pulau ini dianugerahi pantai-pantai alami, perairan yang biru dan terumbu karang keliling yang indah yang menjadi habitat ikan duyung dan penyu lau

Peta Selat Torres-Jubi/ist
Peta Selat Torres-Jubi/ist

Orang-orang Kepulauan Selat Tores termasuk dalam kebudayaan Melanesia, terkenal sebagai nelayan ulung, sikapnya sangat mandiri dan bangga sekali atas budaya mereka. Mereka juga berusaha agar nama mereka tercantum dalam Departemen Urusan Aborigin dan Kepulauan Torres.

Kepulauan Selat Torres terdiri dari seratus pulau lebih tetapi hanya 21 yang dapat didiami dan memiliki 13 masyarakat dengan pimpinan suku masing-masing. Jaman dulu suku-suku ini saling berperang sampai ke Utara Pulau New Guinea.

Jumlah penduduk kepulauan yang berpusat di P Thursday hampir mencapai enam ribu orang dan selebihnya berada di daratan Australia. Dilihat dari ras mereka berasal dari Melanesia agak berbeda dengan penduduk Aborigin tetapi termasuk dalam penduduk asli Australia. Diperkirakan masyarakat Kepulauan Selat Tores tiba di sana sebelum 1600 an dari Tanah New Guinea, lalu terjadi percampuran perkawinan dengan orang-orang Aborigin.

Meskipun saat ini orang-orang Kepulauan Torres sudah menjadi minoritas dalam jumlah yang paling sedikit populasinya kekukuhan mereka sebagai suku bangsa Melanesia tidak pernah sirnah sedikitpun. Pada 1988, mereka juga mengadakan pertemuan dan menuntut kemerdekaan dari Pemerintah Australia. Walau sebenarnya ini hanya taktik saja untuk menarik perhatian pemerintah Australia.(Dominggus Mampioper)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Orang-orang Melanesia dari Selat Torres, Australia