Tunggu Laporan Pertanggungjawaban, Dana Desa Morotai Belum cair

share on:
Ilustrasi - porosmaluku.com
Ilustrasi – porosmaluku.com

Ternate, Jubi – Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, masih terkendala Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana pada 2015.

“Program kegiatan untuk semua desa di Kabupaten Pulau Morotai hingga saat ini belum jalan disebabkan ADD dan anggaran triwulan pertama 2016 belum juga direalisasi,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Ahdad Hi Hasan di Ternate, Jumat (1/4/2016).

Dia mengungkapkan, masing-masing desa belum bisa melakukan pencairan dana karena untuk administrasi APBDes baru sekitar 90 persen yang masuk, dan sesuai aturan untuk laporan administrasi harus 100 persen masuk di DPKAD.

Administrasi yang belum masuk itu diantaranya laporan desa tahun 2015 belum lengkap semua.

“Sehingga dari DPKAD hanya menunggu, apabila laporan administrasi di semua desa sudah masuk, maka untuk anggaran di semua desa bisa terealisasi, tinggal kita transfer ke rekening desa masing-masing,” katanya.

“Jadi tidak ada masalah. Hanya saja masing-masing desa harus melengkapi administrasi (laporan pertanggungjawaban) penggunaan dana desa tahun 2015. Realisasi ADD yang dikirim dari pusat untuk tahun 2016 akan dilakukan triwulan sekali, berbeda dari tahun sebelumnya yang dikirim setiap bulan,” tambanhnya.

ADD dan DD (Dana Desa) Kabupaten Pulau Morotai tahun 2016 sebesar Rp96,8 miliar yang berasal dari APBD dan APBN. (*)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tunggu Laporan Pertanggungjawaban, Dana Desa Morotai Belum cair