49 Tewas Dalam Kecelakaan Karena Hujan Di Pakistan

share on:
Ilustrasi - blog.gujaratilexicon.com
Ilustrasi – blog.gujaratilexicon.com

Islamabad, Jubi – Sedikitnya 49 orang tewas dan puluhan orang lagi cedera dalam kecelakaan terpisah akibat hujan di Daerah Baltistan, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di bagian barat-laut, dan daerah di bagian timur-laut Kashmir.

Empat orang tewas dan selusin orang lagi cedera ketika hujan lebat mengguyur Daerah Gilgit Baltistan, kata Radio Pakistan, sebagaimana dilaporkan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi (4/4/2016).

Menurut laporan Radio tersebut, satu rumah ambruk akibat hujan lebat di Kabupaten Diamer, Daerah Gilgit Baltistan, dan menewaskan empat anggota satu keluarga.

Di tempat lain di Kashmir, delapan orang dari satu keluarga tewas ketika rumah mereka ambruk akibat tanah bergerak.

Lembaga Penanganan Bencana Provinsi, KPK, menyatakan 37 orang tewas dan 27 orang lagi cedera di provinsi Khyber Pakhtunkhwa, saat hujan lebat mengakibatkan lebih dari 49 kecelakaan berupa rumah ambruk dan beberapa peristiwa tanah longsor.

Lebih dari 70 toko di dekat Ibu Kota Provinsi tersebut, Peshawar, hanyut karena diterjang banjir akibat luapan Sungai Barat di kota itu, sedangkan beberapa bangunan lagi mengalami rusak sebagian.

Hujan lebat dan badai di berbagai daerah provinsi itu juga mengakibatkan kerusakan parah pada kebun dan tanaman lain.

Perdana Menteri negeri itu Nawaz Sharif menyampaikan kesedihan atas hilangnya nyawa warga dalam berbagai peristiwa dan menginstruksikan Dinas Penanganan Bencana Nasional (NDMA) serta lembaga terkait lain agar memastikan diberikannya bantuan tepat pada waktunya buat korban.

Ia juga memastikan pemberian perawatan medis yang layak, makanan dan tempat berteduh buat orang yang jaqdi korban, kata satu siaran pers dari Kantor Perdana Menteri.

Kantor meteorologi setempat mengatakan badai dan hujan lebat, yang di beberapa wilayah sangat lebat, di banyak daerah serta angin yang berhembus kencang diperkirakan terus terjadi di bagian barat dan hulu negeri tersebut selama 24 jam ke depan. (8)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara/Xinhua-OANA
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  49 Tewas Dalam Kecelakaan Karena Hujan Di Pakistan