Di Papua, Baru 30 Persen Penduduk Nikmati Air Bersih

share on:
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Mikael Kambuaya - Jubi/Alex
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Mikael Kambuaya – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua mengklaim masyarakat yang telah menikmati air bersih baru mencapai 30 persen. Dimana jumlah tersebut masih sangat minim jika dibanding target nasional.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Mikael Kambuaya kepada wartawan, di Jayapura, Senin (4/4/2016) mengatakan target nasiona untuk 2018 atau 2019 ketersedian air bersih kepada masyarakat harus mencapai 100 persen.

“Masih minimnya pelayanan air kepada masyarakat disebabkan kabupaten tidak menyiapkan perencanan teknis. Sebab perencanaan teknis dari kabupaten akan dibawa ke pemerintah pusat untuk mendapat anggaran pelayanan air bersih,” katanya.

Namun demikian, ujar Kambuaya, sudah ada kabupaten yang mengerti mengenai proses untuk mendapat anggaran pelayanan air bersih dengan membuat program.

“Sebab ketersedian air bersih kepada masyarakat sangat penting,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya dan Air Bersih pada Dinas PU Provinsi Papua Yan Ukago, mengatakan sesuai dengan monitoring yang dilakukan pihaknya, baru sekitar 29 persen penduduk Papua yang terlayani air bersih.

“Sejak 2014 pihaknya sudah tidak melakukan pekerjaan fisik, karena bidang cipta karya hanya melakukan monitoring dengan mendata sekaligus mengecek berapa jumah penduduk yang sudah terlayani air bersih,” kata Yan Ukago.

Menurut ia, dari pusat sudah ada alokasi dana khusus langsung ke kabupaten, jadi sekarang kabupaten yang menangani sendiri. “Untuk air bersih, tak hanya penduduk di wilayah pegunungan yang belum terlayani air bersih, tapi hal tersebut juga terjadi di Kota Jayapura,” ucapnya.

Dia menambahkan, untuk mengatasi masalah tersebut harus ada pembagian tugas yang jelas dan terarah, misalnya pihaknya menangani apa saja, seperti selatan dibuat seperti apa, apakah dengan sumur dalam atau apa.

“Sedangkan wilayah pegunungan apakah dengan memanfaatkan air hujan atau apa dan lain sebagainya,” katanya. (Alexander Loen)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Papua, Baru 30 Persen Penduduk Nikmati Air Bersih