Pemprov Wajibkan Lima Daerah Penyelenggara PON Raih Adipura

share on:
Suasana Raker Lingkungan Hidup Yang Dihadiri Asisten Bidang Umum Papua, Rosina Upessy dan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano - Jubi/Alex
Suasana Raker Lingkungan Hidup Yang Dihadiri Asisten Bidang Umum Papua, Rosina Upessy dan Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua mewajibkan lima kabupaten/kota yang telah terpilih sebagai penyelenggaran PON XX tahun 2020 untuk bisa meraih piala Adipura sebagai bentuk keberpihakan pelestarian lingkungan.

“Lima kabupaten/kota ini wajib wujudkan dan memperoleh penghargaan Adipura mulai 2016 sampai dengan 2020,” kata Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Rosina Upessy pada pembukaan Forum SKPD Lingkungan Hidup se-Papua, di Jayapura, Senin (4/4/2016).

Menurutnya, Papua telah terpilih sebagai tuan rumah PON XX, untuk itu Jayapura, Jayawijaya, Merauke, Biak Numfor dan Mimika bisa memperhatikan aspek lingkungan dalam persiapan infrastrukturnya.

Menanggapi itu, dirinya mengimbau satuan kerja perangkat daerah lingkungan hidup agar melakukan kajian lingkungan rencana kegiatan pembangunan venue melalui penyelesaian dokumen lingkungan dan izin lingkungan sesuai peraturan.

Tidak hanya disitu, para penyelenggara juga diminta menjaga keasrian lingkungan agar para tamu yang datang pada perhelatan empat tahun sekali bisa merasa nyaman dan betah selama bertanding.

“SKPD lingkungan hidup harus melakukan pengawasan lingkungan, pemantauan kualitas air dan udara, dan pengelolaan sampah agar kabupaten dan kota lokasi Venue PON XX menjadi bersih dan sehat,” ucapnya.

Ia mengatakan, upaya pengendalian perusakan dan pencemaran lingkungan yang dikordinasikan dalam Forum SKPD LingkungN Hidup sangatlah penting dalam rangka peningkatan kerja sama dan peran aktifnya untuk mensinkronkan program dan kegiatan dalam mengatasi permasaahan lingkungan yang ada.

“Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera menjadi visi kita bersama yang perlu dituangkan dalam program dan kegiatan bidang lingkungan hidup termasuk didalamnya program dan kegiatan sukses PON XX,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Papua, Noak Kapisa mengatakan pihaknya akan fokus menuju PON XX di bidang lingkungan, terutama di lokasi-lokasi venue.

Selain mengawal, ujar Kapisa, pihaknya juga akan lebih cenderung turun ke masyarakat agar mereka yang tinggal disekitar lokasi venue bisa lebih memahami lingkungan, dan tidak melakukan aktifitas yang kontraproduktif terhadap pelaksanaan PON 2020.

“Kami akan memberikan sosialisasi penyuluhan tentang lingkungan, dengan harapan masyarakat bisa terlibat dan wawasan lingkungan mereka sudah ada untuk mendukung pembangunan venue PON,” kata Noak Kapisa. (Alexander Loen)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemprov Wajibkan Lima Daerah Penyelenggara PON Raih Adipura