Puskesmas Gome Butuh Penambahan Fasilitas

share on:
Angkutan umum di Kabupaten Puncak yang disediakan oleh pemerintah setempat - IST
Angkutan umum di Kabupaten Puncak yang disediakan oleh pemerintah setempat – IST

Jayapura, Jubi – Puskesmas Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua butuh penambahan berbagai fasilitas. Tak hanya itu, Puskesmas tersebut juga butuh penambahan tenaga medis.

Legislator Papua dari Daerah Pemilihan Kabupaten Puncak tersebut mengatakan, ketika melakukan reses ke Distrik Gome akhir bulan lalu, masyarakat dan pihak Puskesmas Gome menyampaikan aspirasi secara tertulis. Mereka berharap penambahan fasilitas di Puskesmas tersebut. Fasilitas yang kini dibutuhkan yakni gedung rawat inap, rumah kepala Puskesmas, rumah dokter, rumah paramedis, solar cell (tiga unit), mobil ambulance dan brankart roller (tiga unit), motor dinas (tiga unit).

“Itu aspirasi masyarakat yang disampaikan ke saya ketika saya reses. Pihak Puskesmas bahkan membuatnya secara tertulis. Saya akan teruskan aspirasi itu pihak terkait,” kata Elvis Tabuni, Selasa (5/4/2016).

Menurut Ketua Komisi I DPR Papua itu, Puskemas Distrik Gome juga butuh penambahan tenaga medis. Tak hanya perawat, namun juga dokter. Hanya saja ia tak menyebut berapa tenaga medis yang kini ada di Puskemas Distrik Gome dan berapa banyak lagi yang dibutuhkan.

“Dokter perlu ditambah, terutama dokter spesialis. Di sana belum ada dokter spesialis. Beberapa fasilitas alat kesehatan juga perlu pengadaan,” ucapnya.

Katanya, setelah masyarakat Distrik Gome menyampaikan aspirasi mereka, manta Ketua DPRD Puncak itu langsung berkoordinasi dengan Komisi V DPR Papua yang membidangi kesehatan. Ia berencana mengajak anggota komisi terkait ke DPR Papua melakukan kunjungan kerja ke wilayah itu beberapa waktu kedepan.

“Saya akan ajak Komisi V DPR Papua melihat langsung kondisi di Kabupaten Puncak. Ini agar komisi terkait bisa mendorong apa yang menjadi aspirasi masyarakat dibidang pendidikan dan kesehatan ke Pemprov Papua dan Pemkab Puncak,” katanya.

Terpisah, anggota Komisi V DPR Papua, Natan Pahabol mengatakan, hingga kini banyak wilayah terutama daerah pedalaman Papua yang membutuhkan tenaga medis dan fasilitas kesehatan. Katanya, kalau ada tenaga medias di wilayah-wilayah itu, terkadang mereka tak betah menetap ditempat tugas.

“Banyak faktor menjadi penyebab tak betahnya tenaga medis di tempat tugas. Selain dari individu itu sendiri, juga karena fasilitas tak memadai. Tak ada rumah dinas, sarana pendukung seperti air bersih dan lainnya juga tak tersedia, serta berbagai hal lain,” kata Natan.

Meski begitu lanjut dia, keterbatasan fasilitas dan sarana pendukung tak bisa dijadikan alasan para tenaga medis tak betah di tempat tugas. Menurutnya, ketika mereka akan diangkat menjadi tenaga medis, mereka menyatakan bersedia di tempatkan dimana saja dan menolong siapapun yang membutuhkan pertolongan tanpa memandang status. (Arjuna Pademme)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Puskesmas Gome Butuh Penambahan Fasilitas