CNMI Percepat Upaya Kekang Liberalisasi Senjata

share on:
Mariana Utara (CNMI) menolak liberalisasi senjata di wilayahnya - IST
Mariana Utara (CNMI) menolak liberalisasi senjata di wilayahnya – IST

Jayapura, Jubi – Sebuah Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk mengatur kepemilikan pistol di Marianas Utara (CNMI) telah melalui pembahasan di DPR dengan mengalami beberapa perubahan dan telah dikembalikan ke Senat AS.

Radio New Zealand, Rabu (6/4/2016) melaporkan, di antara perubahan-perubahan draf RUU yang dihilangkan Senat pada pekan lalu, Parlemen CNMI memasukan pusat pengembangan anak usia dini dan klinik swasta dan tempat publik sebagai bagian dari zona bebas senjata.

Parlemen CNMI juga mengubah bagian dari kejahatan kekerasan untuk mengubah ‘serangan terhadap seorang polisi’ untuk definisi yang lebih luas jadi ‘serangan pada penegakan hukum.”

Baca : Otoritas CNMI Sesalkan Liberalisasi Pistol

Baca: Penjual Resmi Di CNMI Menolak Jual Senjata

Juga membebankan sementara $ US1,000 pajak pistol serta komisi studi tentang efek senjata api juga dimasukkan dalam rancanangan RUU yang dibuat Parlemen.

Legislatif CNMI dan eksekutif telah bekerja lembur sejak Pengadilan Negeri AS untuk CNMI pekan lalu menyatakan bahwa Undang-Undang Pengendalian Senjata CNMI adalah inkonstitusional, yang mengkriminalisasi kepemilikan pistol puluhan tahun di wilayah persemakmuran AS itu. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  CNMI Percepat Upaya Kekang Liberalisasi Senjata