Kabid Perikanan Temanggung: SDM Usaha Perikanan Harus Ditingkatkan

share on:
Ilustrasi usaha perikanan - bisnisukm.com
Ilustrasi usaha perikanan – bisnisukm.com

Temanggung, Jubi – Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, tidak hanya memperhatikan pembudidaya ikan, tetapi juga terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) usaha pengolahan ikan.

“Peningkatan SDM pelaku usaha perikanan terus kami lakukan termasuk pengolah berbahan baku ikan, walaupun bahan baku belum sepenuhnya dicukupi dari daerah ini, tetapi proses pengolahan dilaksanakan di Temanggung,” kata Kepala Bidang Perikanan Pemerintah Kabupaten Temanggung Muhammad Hadi di Temanggung, Rabu (6/4/2016).

Menurut dia, usaha pengolahan ikan yang terwadahi dalam kelompok pengolah dan pemasar (Poklahsar) menunjukan adanya peningkatan produksi olahan.

Ia menyebutkan pada 2012 produksi olahan ikan sebanyak 183 kilogram, tahun 2013 sebanyak 196 kilogram, 2014 sebanyak 296,88 kilogram, dan tahun 2015 sebanyak 328,4 kg.

Produksi olahan ikan, tegasnya, tetap memperhatikan kualitas bahan baku, jenis atau bentuk olahan, kemasan, dan higinis tempat, peralatan yang digunkan dan proses pengolahan.

Ia juga mengatakan dalam upaya peningkatan kualitas produk olahan ikan, pihaknya akan menyelenggarakan pelatihan, dengan mendatangkan narasumber dari Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Ia menyebutkan pelatihan bakal dikuti 30 orang dari 20 kelompok pengolah ikan di Kabupaten Temanggung.

Peserta pelatihan adalah para pengolah ikan, baik berbahan baku ikan air tawar, payau maupun laut yang produksinya telah di pasarkan di wilayah Temanggung dan luar kabupaten maupun provinsi.

Menurut dia, pelatihan diprioritaskan pada standar kesehatan dan standar nasional Indonesia (SNI), terutama pada produk olahan kering atau basah yang telah dikemas sesuai standar.

“Harapan dari hasil pelatihan adalah produk olahan bisa mendapatkan SNI sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi sehingga produk olahan berbahan baku ikan di Kabupaten Temanggung dapat berdaya saing dan berkelanjutan,” katanya.

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kabid Perikanan Temanggung: SDM Usaha Perikanan Harus Ditingkatkan