Nelayan Harapkan Bantuan Kapal di Bawah 5 GT

share on:
Tampak perahu nelayan di Hamadi, Kota Jayapura – Jubi/Dok.
Tampak perahu nelayan di Hamadi, Kota Jayapura – Jubi/Dok.

Jayapura, Jubi – Nelayan Jayapura belum siap menggunakan kapal ikan berukuran besar atau dengan tonase di atas 5 Gross Ton (GT).

Karenanya, nelayan berharap Pemerintah Kota Jayapura jika memberikan bantuan kapal dengan tonase di bawah 5 GT.

Pada pengadaan 3 unit kapal beberapa tahun lalu, Pemkot mengusulkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk memberikan kapal di bawah 5 GT.

“Pertama kali kita mendapat bantuan kapal tahun 2012, walikota sudah menyurat kepada kementerian terkait dengan permasalahan kita kalau kapal ini besar masyarakat belum siap, tetapi waktu itu adalah kebijakan pusat,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Jayaprua, Elsye Rumbekwan di Jayapura, Rabu (6/4/2016).

Elsye menambahkan, pihak kementerian mulai menyadari persoalan yang dihadapi para nelayan di daerah, khususnya di Kota Jayapura. Oleh karena itu, pemberian bantuan harus sesuai keinginan dan kemampuan nelayan.

“Mulai tahun 2016 dan seterusnya, akan ada bantuan yang agak kecil armadanya untuk 3-5 Gross Ton,” katanya.

Ia juga mengajak warga nelayan kota Jayapura, khususnya mereka yang belum tersentuh oleh bantuan untuk bersabar sebab pemerintah memberikan bantuan sesuai dana yang tersedia.

“Cuma ini bertahap, jadi yang belum dapat menunggu. Belajar bersabar, berkat Tuhan pasti datang,” ujarnya.

Salah seorang nelayan, Bukhari meminta agar bantuan kapal sebaiknya berukuran kecil sehingga semua nelayan memperolehnya.

“Jika satu kapal besar, yang mendapatkan bantuan hanya sedikit,” katanya.

Ia juga berharap agar mendapatkan bantuan kapal ikan dari bahan fiber seperti yang diberikan pemerintah. (Enrico Karubuy)

 

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Nelayan Harapkan Bantuan Kapal di Bawah 5 GT