NTT Optimis Naik Peringkat Hasil UN

share on:
Ilustrasi - trentekno.com
Ilustrasi – trentekno.com

Kupang, Jubi – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sinun Petrus Manuk, optimistis akan naik peringkat secara nasional dari hasil Ujian Nasional 2016.

Hasil UN tahun 2015 menempatkan NTT di peringkat 25 untuk SMA/MA, sedangkan SMK berada pada peringkat 28, dan pada tahun ini menargetkan pada peringkat 18 dan 20 dari 34 provinsi yang ada di Tanah Air, katanya, di Kupang, Rabu (6/4/2016).

Optimisme itu didasarkan ketika melakukan safari UN sampai ke sekolah-sekolah di pedalaman, persiapan untuk menghadapi UN tahun ini dinilai lebih matang.

Ia mengakui kemerosotan nilai UN siswa di daerah ini tahun lalu, salah satu penyebabnya adalah euforia berlebihan siswa, termasuk sekolah, terkait sistem kelulusan yang ditentukan dari hasil ujian siswa di sekolahnya bukan lagi hasil UN.

“Jadi, pada tahun sebelumnya itu, banyak siswa, bahkan sekola,h terlampau bereuforia karena kelulusan ditentukan oleh sekolah. Ngapain ikut UN, toh kelulusan ditentukan oleh sekolah,” katanya pula.

Padahal, ujar Petrus Manuk lagi, setelah nilai UN siswa jeblok dan mengalami kendala saat mendaftar ke perguruan tinggi yang punya reputasi bagus, barulah siswa dan sekolah sadar kalau nilai UN ternyata tetap sangat penting bagi mereka.

Ia menyatakan hasil pantauan pada hari pertama dan kedua rata-rata siswa peserta UN, terutama untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), mengaku bahwa soal tidak rumit dan seperti yang diperoleh selama ini, baik dalam ujian semester maupun ujian sekolah atau pun pra-ujian nasional.

Enti Makung, salah satu siswa peserta UN dari SMA Katolik Giovanni Kupang, usai UN hari kedua mengaku dapat mengerjakan semua soal pada hari pertama dan kedua dengan baik menggunakan komputer.

Jadi, menurut dia lagi, selain akan meraih nilai yang baik, semua pihak juga berkomitmen untuk menjaga integritas UN, mengingat tahun sebelumnya NTT termasuk dalam ranking integritas kejujuran tertinggi di Indonesia. (*)

Editor : Zely Ariane
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  NTT Optimis Naik Peringkat Hasil UN