Kemensos dan Pemprov Bantu Korban Longsor di Yahukimo

share on:
Bantuan untuk korban longsor di Kosarek Yahukimo – Jubi/Islami
Bantuan untuk korban longsor di Kosarek Yahukimo – Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Kementerian Sosial RI bersama Dinas Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua memberikan bantuan kepada korban longsor di Kosarek, Yahukimo, Senin (11/4/2016).

Kepala Sub Direktorat Bencana Alam Kemensos RI, Iyan Kusmadiana mengatakan, hal ini untuk menindaklanjuti laporan bencana di Kosarek setelah dikoordinasi dengan BPBD dan Dinsos Kabupaten Yahukimo dan Dinsos Papua.

Maka dibagikan pakaian 150 paket untuk anak-anak dan 150 paket untuk dewasa.

“Kita rencanakan men-drop bantuan ke Kosarek sebanyak 5 ton, tetapi hanya terbawa sekitar 800 kilo. Jadi, mungkin akan ditindaklanjuti ke depannya untuk membantu masyarakat di Kosarek,” katanya.

Kosarek cukup jauh dari Dekai, ibu kota Yahukimo, sehingga bantuan disalurkan melalui Wamena.

Kepala Seksi Perlindungan Sosial Dinas Sosial dan Pemukiman Papua, La Boke mengatakan bantuan yang dibawa sejak Senin pagi itu diangkut dengan pesawat Pilatus.

“Jadi, bantuan ini sudah diserahkan langsung oleh Bapak Gubernur, baik bantuan dari kementerian sosial dan gubernur sendiri membantu untuk para warga korban bencana di kabupaten Yahukimo,” kata La Boke.
Laporan tentang longsor itu baru diterima pihaknya pada 4 April 2016. Setelah dicek bencana alam tersebut terjadi sejak bulan lalu dan tidak menimbulkan korban jiwa.

“Yang terjadi adalah kerusakan kebun, sumber makanan warga korban bencana sehingga bantuan ini masih berlanjut dan ini bersifat tanggap darurat,” katanya. (Islami)

Editor : TIMOTEUS MARTEN
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Kemensos dan Pemprov Bantu Korban Longsor di Yahukimo